[SALAH] Timnas Uzbekistan Resmi di Blacklist FIFA, Ketahuan Menghirup Doping

Hasil periksa fakta Sukma

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa Timnas Uzbekistan resmi diblacklist oleh FIFA karena menghirup doping di tengah pertandingan adalah hal yang tidak benar.

===========

[KATEGORI]: Misleading Content

===========

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/3Z6h0rPF2Xo (arsip)

===========

[NARASI]:
:red_circle: SKANDAL KECURANGAN TERBONGKAR:exclamation:️Temukan KECURANGAN Hirup Doping, Uzbekistan Resmi Di Blacklist

===========

[PENJELASAN]:

Pada 2 Mei 2024 ditemukan sebuah akun dengan nama Jenderal Timnas (https://www.youtube.com/@jenderaltimnas7817) yang mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Tim Nasional Uzbekistan telah melakukan sebuah kecurangan yakni menghirup doping saat pertandingan melawan Indonesia pada 29 April 2024 lalu dan berakibat pada Timnas Uzbekistan yang di-blacklist oleh FIFA (International Federation of Football Association) dan AFC (Asian Football Confederation).

Narator dalam video tersebut menjelaskan bahwa Timnas Uzbekistan diketahui telah melakukan kecurangan dengan menghirup doping dalam pertandingan Piala Asia dan menyatakan bahwa pihak FIFA dan AFC telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait pelarangan Timnas Uzbekistan untuk berlaga di setiap turnamen yang diakui baik oleh AFC maupun FIFA.

Namun, apabila ditelusuri lebih lanjut, hingga saat ini baik FIFA maupun AFC tidak memberikan pernyataan resmi apapun terkait permasalahan tersebut. Dalam unggah akun Instagram resmi milik AFC (https://www.instagram.com/afcasiancup/) pada 30 April 2024 lalu pun Timnas Uzbekistan tetap dinyatakan maju ke babak pertandingan selanjutnya.
Kemudian, dikutip dari tvonenews.com (https://www.tvonenews.com/) benda yang dihirup oleh pemain Timnas Uzbekistan yang dicurigai sebagai doping ternyata adalah sebuah kapas yang dibasahi amonia. Senyawa tersebut memiliki fungsi untuk meningkatkan pernapasan dan performa atlet serta tidak termasuk dalam daftar terlarang Organisasi Anti-Doping Dunia.

Dengan demikian, video dengan klaim klaim bahwa Timnas Uzbekistan resmi diblacklist oleh FIFA karena menghidup doping di tengah pertandingan tidaklah benar adanya.

===========

 [REFERENSI] :
[1] https://www.tvonenews.com/bola/timnas/206620-striker-uzbekistan-u23-hirup-zat-kimia-saat-menang-atas-indonesia-u23-apa-benda-aneh-itu?page=2
[2] https://www.instagram.com/p/C6W6naitbhA/?utm_source=ig_web_copy_link&igsh=MzRlODBiNWFlZA==
[3] https://turnbackhoax.id/2024/05/06/salah-temukan-kecurangan-hirup-doping-uzbekistan-resmi-diblacklist/