[SALAH] USU Kepung Kantor Prabowo Imbas Kenaikan UKT Besar-Besaran

Hasil periksa fakta Sukma

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa mahasiswa Universitas Sumatera Utara mengepung kantor Prabowo sebagai imbas kenaikan biaya UKT adalah hal yang tidak benar.

===========

[KATEGORI]: Manipulated Content

===========

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/5TRU7_BrvTc (arsip)

===========

[NARASI]:
ISTANA MENCEK4MM:bangbang:GILIRAN USU KEPUNG KANTOR PRABOWO IMBAS BIAYA UKT NAIK BESAR BESARAN
===========

[PENJELASAN]:

Pada 11 Mei 2024 sebuah akun youtube dengan nama One Nation (https://www.youtube.com/@Satubangsa) mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa mahasiswa Universitas Sumatera Utara mengepung kantor Prabowo Subianto. Pengepungan kantor ini dikarenakan kenaikan UKT di USU sebanyak 200% sebagai akibat karena mendukung Prabowo dalam pemilihan Presiden Republik Indonesia 2024.

Namun, ketika disimak lebih lanjut, apa yang disampaikan oleh narator dalam video tidak sesuai dengan klaim yang dituliskan pada judul dan thumbnail unggahan tersebut. Narator menyampaikan bahwa demo yang dilakukan oleh mahasiswa USU tersebut merupakan gelar unjuk raasa yang berlangsung di Biro Rektor USU pada Rabu, 8 Mei 2024 lalu dengan tujuan untuk memprotes kenaikan UKT di USU tahun 2024/2025 yang naik hingga 200%.

Selain itu, potongan video yang digunakan dalam unggahan tersebut merupakan video yang dimiliki oleh Tribun MedanTV saat para mahasiswa sedang melakukan demo di Biro Rektor USU dan bukanlah demo yang dilakukan di kantor Prabowo.

Oleh sebab itu, adanya informasi yang menyatakan bahwa mahasiswa Universitas Sumatera Utara mengepung kantor Prabowo sebagai imbas kenaikan biaya UKT hal yang tidak benar dikarenakan demo yang dilakukan oleh mahasiswa USU bukanlah berlokasi di kantor Prabowo dan kenaikan UKT tersebut bukanlah imbas karena telah mendukung Prabowo dalam pemilihan Presiden Republik Indonesia 2024.

===========

 [REFERENSI] :
[1] https://medan.viva.co.id/sumut/5485-uang-ukt-naik-ratusan-mahasiswa-usu-demo-r
[2] https://youtu.be/FsJ9owGFxuA