[SALAH] Ronaldo Bela Indonesia Usai Tau Timnas Dicurangi Wasit di Semifinal

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa Ronaldo membela Indonesia usai tau Timnas Indonesia dicurangi wasit di Semifinal Piala Asia adalah hal yang tidak benar.

===========

[KATEGORI]: Misleading Content

===========

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/S40ZPdS8VWM (arsip)

===========

[NARASI]:
:red_circle: GEGERKAN DUNIA :exclamation:️ Ronaldo Sampai Bela Indonesia Begini Usai Tau Timnas Dicurangi Wasit Di Semifinal

===========

[PENJELASAN]:

Pada 1 Mei 2024 kun youtube dengan nama Jenderal Timnas (https://www.youtube.com/@jenderaltimnas7817) mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Ronaldo mengeluarkan pernyataan bahwa Ia membela Timnas Sepak Bola Indonesia sesuai tau bahwa timnas telah dicurangi oleh wasit di Semifinal Piala Asia melawan Uzbekistan.

Di awal video unggahan berdurasi 4 menit tersebut, pengunggah menggunakan sebuah potongan video yang berisikan wawancara dengan Ronaldo seakan Ia menyatakan bahwa Indonesia kalah melawan Timnas Uzbekistan karena wasit yang curang dan memihak Timnas Uzbekistan.

Namun, ketika ditelusuri lebih lanjut potongan video yang digunakan dalam unggahan tersebut merupakan wawancara Ronaldo dengan Htv terkait respon dirinya yang masih menjadi seorang standard dalam dunia sepak bola meski kini usianya telah memasuki akhir 30-an tanpa sedikit pun membahas mengenai dukungan yang ia berikan terhadap Indonesia.

Tak hanya itu, pengunggah pun memanipulasi video dengan memberikan subtitle Bahasa Indonesia pada video wawancara tersebut seolah Ronaldo membicarakan mengenai kasus kecurangan yang dilakukan wasit dalam ajang Piala Asia melawan Uzbekistan yang tentunya bisa membohongi dan menggiring opini khalayak umum.

Dengan demikian, video dengan klaim klaim bahwa Ronaldo membela Indonesia usai tau Timnas Indonesia dicurangi wasit di Semifinal Piala Asia tidaklah benar adanya.

===========

 [REFERENSI] :
[1] https://www.facebook.com/watch/?v=236190401679106
[2] https://turnbackhoax.id/2024/05/06/salah-ronaldo-buka-suara-soal-kecurangan-liga-indonesia-vs-uszbekistan/