[SALAH] Tangkapan layar artikel berjudul “SUMANTO: Jangankan Makan Siang Gratis Yang Bikin Programnya Saja Bisa Saya Makan”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Gambar tangkapan layar merupakan hasil editan. Faktanya, tangkapan layar “SUMANTO: Jangankan Makan Siang Gratis Yang Bikin Programnya Saja Bisa Saya Makan” tersebut diedit pada bagian judul artikel. Artikel tersebut dimuat oleh Tribunjogja.com dengan judul yang asli “Sumanto Kesepian Butuh Wanita untuk Menjadi Pendamping Hidup”.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: parodi

= = = = =

SUMBER: Facebook

https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/05/photo_2024-05-30_12-16-28.pdf

= = = = =

NARASI:

“SUMANTO: Jangankan Makan Siang Gratis Yang Bikin Programnya Saja Bisa Saya Makan”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook Jiro Lu Pat pada 29 Mei 2024 memposting sebuah tangkapan layar artikel dengan judul “SUMANTO: Jangankan Makan Siang Gratis Yang Bikin Programnya Saja Bisa Saya Makan”. Pada gambar tersebut didapatkan informasi bahwa artikel tersebut diunggah pada Jumat 14 Juli 2017 pukul 05.34 WIB dengan editor Ikrob Didik Irawan.

Setelah ditelusuri dengan cara menggunakan nama editor pada pencarian Google ditemukan bahwa Ikrob Didik Irawan merupakan editor Tribunjogja.com. Maka dari itu pencarian dilanjutkan pada website Tribun Jogja melalui indeks berita dengan menggunakan acuan tanggal artikel diunggah yaitu 14 Juli 2024 pukul 05.34 WIB ditemukan artikel yang asli. “Sumanto Kesepian Butuh Wanita untuk Menjadi Pendamping Hidup”. Jika dibandingkan terdapat kesamaan pada waktu pengunggahan artikel dan nama editor serta gambar yang digunakan dalam artikel tersebut. Perbedaan terletak pada judul artikel asli dengan tangkapan layar artikel postingan di Facebook.

Dengan demikian tangkapan layar berjudul “SUMANTO: Jangankan Makan Siang Gratis Yang Bikin Programnya Saja Bisa Saya Makan” merupakan hasil editan. Tangkapan layar tersebut diedit pada bagian judul artikel. Artikel tersebut dimuat oleh Tribunjogja.com dengan judul yang asli “Sumanto Kesepian Butuh Wanita untuk Menjadi Pendamping Hidup”, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori parodi.

REFERENSI:

https://jogja.tribunnews.com/2017/07/14/sumanto-kesepian-butuh-wanita-untuk-menjadi-pendamping-hidup