[SALAH] PEREMPUAN ODGJ ASAL JEMBER DIJADIKAN PSK OLEH AYAH KANDUNGNYA

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, informasi tersebut merupakan informasi yang keliru. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh ayah kandung korban, juga oleh pihak keluarga. Informasi ini pun telah dilaporkan sebagai informasi hoaks kepada pihak kepolisian.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: MEDIA
https://ghostarchive.org/archive/7OxDB?wr=false


=====
[NARASI]:

“ODGJ di Jember Dijadikan PSK oleh Ayah, Tarif Rp 25 Ribu, Keliling Pakai Sepeda, Langganan Pemabuk”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah artikel dari media TribunTrends.com, narasi tentang seorang perempuan ODGJ asal Jember yang dijual oleh ayahnya untuk bekerja sebagai PSK. Perempuan yang diketahui bernama Atika, dikabarkan dijadikan sebagai PSK oleh ayahnya dengan tarif yang sangat murah. Disebutkan pula, bahwa seorang Youtuber, Pratiwi Noviyanthi, telah membenarkan kabar yang beredar tersebut. Lalu, apakah benar, seorang perempuan ODGJ asal Jember telah dijual oleh ayahnya untuk bekerja sebagai seorang PSK?

Setelah melakukan penelusuran terkait dengan informasi tersebut, didapati sebuah fakta yang justru menunjukkan bahwa informasi yang ditulis di dalam artikel tersebut adalah berita hoaks. Hal ini seperti mengutip keterangan dari Instagram resmi media @okezonecom, dalam artikel periksa fakta turnbackhoax.id, yang berbunyi:

“Belakangan diketahui bahwa Sadikun (60), hanya ingin menyenangkan sang anak, Atika (26) yang suka berkeliling naik sepeda siang dan malam. Hingga kini, belum ada bukti pasti bahwa Atika dijadikan PSK oleh ayahnya. Pihak keluarga beralasan, Atika memakai pakaian minim dan riasan karena ia sering diolok-olok jelek oleh sekitar masyarakat”.

Ulasan dari artikel milik media detikcom juga mengungkapkan hal yang serupa. Disebutkan bahwa informasi mengenai perempuan ODGJ asal Jember yang dijual oleh ayahnya untuk bekerja sebagai PSK, merupakan hoaks yang telah dilaporkan secara resmi kepada pihak kepolisian.

Kasatreskrim Polres Jember, AKP Abid Uais Al-Qarni Aziz, menjelaskan bahwa laporan ini telah dilayangkan langsung oleh ayah kandung korban.

“Untuk yang melaporkan kemarin bapak kandung korban, yang didampingi paman korban. Intinya masih berproses dan dugaan kasusnya seperti apa nanti akan kami sampaikan perkembangannya dan diinfokan ke teman-teman media,” sambungnya.

Jadi dapat disimpulkan, informasi yang menyebutkan bahwa perempuan ODGJ asal Jember telah dijual oleh ayahnya untuk bekerja sebagai PSK, merupakan informasi yang keliru dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.instagram.com/okezonecom/reel/C6jRhlxiinX/

https://www.detik.com/jatim/hukum-dan-kriminal/d-7329880/penyebar-hoaks-ayah-jual-anak-odgj-jadi-psk-di-jember-resmi-dipolisikan

=====

https://trends.tribunnews.com/2024/05/02/odgj-di-jember-dijadikan-psk-oleh-ayah-tarif-rp-25-ribu-keliling-pakai-sepeda-langganan-pemabuk?page=all