[PENIPUAN] PESAN SMS ATAS NAMA POS INDONESIA

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Menyadur dari unggahan resmi milik Facebook Indonesia, pesan melalui SMS yang berisi tautan atas nama Pos Indonesia, merupakan pesan dan tautan palsu.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: Konten Tiruan

=====
[SUMBER]: SMS
https://ghostarchive.org/archive/A6Cwm

=====
[NARASI]:

“Maaf, kami tidak dapat memproses pengiriman ke alamat Anda karena alamat yang Anda berikan kosong. Mohon isi alamat pengiriman Anda
https://posIndonesia[dot]xyz/id/”

=====
[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Facebook Pos Indonesia.

Sebuah pesan singkat yang mengatasnamakan Pos Indonesia, beredar melalui aplikasi SMS. Di dalam pesan tersebut, berisi sebuah keterangan yang berkaitan dengan kegagalan pengiriman akibat alamat tujuan pengiriman yang kosong. Penerima pesan diimbau menekan tautan yang terlampir di dalamnya, dengan tujuan untuk mengisi kembali alamat tujuan pengiriman yang sesuai. Namun, pada saat tautan tersebut ditekan, muncul peringatan mengenai tautan berbahaya. Jika mengikuti tautan lebih lanjut, maka terdapat pemberitahuan status pengiriman dengan nomor pelacakan. Tautan tersebut semakin tampak mirip dengan laman asli Pos Indonesia karena turut melampirkan info kontak di dalamnya.

Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut, tautan yang terlampir di dalam SMS ini bukanlah tautan asli milik Pos Indonesia. Menyadur dari unggahan resmi akun Facebook Pos Indonesia, disebutkan bahwa pesan yang beredar tersebut adalah penipuan.

Melalui artikel di Facebooknya, Pos Indonesia menekankan bahwa layanan resmi Pos Indonesia, hanya dapat diakses melalui:
1. Contact Center: 1500161
2. Website: http:www.posindonesia.co.id
3. Email: halopos@posindonesia.co.id
4. Facebook: Pos Indonesia
5. Twitter: posindonesia
6. Instagram: @posindonesia.ig
7. Telegram: https://t.me/posindonesia_officialbot

Selain itu, alamat resmi dari kantor pusat Pos Indonesia berada di Jl. Cilaki No.73 Bandung, bukan di  Jl. Banda No. 30, Bandung, seperti yang disampaikan di dalam tautan tersebut.

Jadi dapat disimpulkan, pesan yang mengatasnamakan Pos Indonesia melalui SMS, merupakan pesan palsu, yang dapat dikategorikan sebagai konten tiruan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.facebook.com/share/p/jDfmsTr5yKKETPUR/?mibextid=qi2Omg

https://www.liputan6.com/amp/5222766/waspada-modus-penipuan-baru-mengatasnamakan-pos-indonesia-simak-cara-hindarinya

=====

https://poslndonesia[dot]xyz/id/