[SALAH] “Wanita ODGJ Dijual Ayah Kandung”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video yang menunjukkan seorang ayah membonceng anaknya yang berpakaian terbuka dengan sepeda bukan untuk menjual anaknya, tetapi untuk menghibur anaknya yang mengidap gangguan jiwa dan ingin jalan-jalan sore dengan pakaian yang cantik. 

===== 

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

===== 

Sumber: YouTube
https://archive.ph/whyPY

===== 

Narasi:
“Wanita ODGJ di Jember Dijual oleh Ayahnya, Jadi Langganan Pemabuk dengan Tarif Rp 25 Ribu”.

=====

Penjelasan:
Akun YouTube Tribun News mengunggah video pendek di akun resminya yang memberitakan seorang ayah menjual anaknya dengan tarif Rp 25,000. Video yang dijadikan sumber berita yaitu video seorang pria tua sedang membonceng wanita muda yang berpakaian terbuka. Video tersebut telah disukai sebanyak 308 orang, serta terdapat banyak komentar yang menyatakan kesedihan dan memberikan cacian kepada sang ayah. 

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Media Oke Zone mengunggah reels mengenai berita ini, serta menyatakan bahwa informasi tersebut adalah hoaks. Pada kolom keterangan reels itu tertulis sebagai berikut:

“Belakangan diketahui bahwa Sadikun (60), hanya ingin menyenangkan sang anak, Atika (26) yang suka berkeliling naik sepeda siang dan malam. Hingga kini, belum ada bukti pasti bahwa Atika dijadikan PSK oleh ayahnya. Pihak keluarga beralasan, Atika memakai pakaian minim dan riasan karena ia sering diolok-olok jelek oleh masyarakat sekitar”.

Selain itu, Detik Jatim telah menulis berita dengan judul “Penyebar Hoaks Ayah Jual Anak ODGJ Jadi PSK di Jember Resmi Dipolisikan” pada 7 Mei lalu. Melansir dari artikel tersebut, keluarga dari ayah yang dituduh menjual anaknya tersebut melaporkan ke polisi atas dasar pencemaran nama baik, dan saat ini penyebar hoaks tersebut sudah resmi ditahan. 

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh media Tribun News merupakan konten yang menyesatkan. 

=====  

Referensi: 
https://www.instagram.com/okezonecom/reel/C6jRhlxiinX/


https://www.detik.com/jatim/hukum-dan-kriminal/d-7329880/penyebar-hoaks-ayah-jual-anak-odgj-jadi-psk-di-jember-resmi-dipolisikan