[SALAH]: “Harimau Mati Tertabrak Kendaraan di Tol Pekanbaru-Dumai”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya peristiwa itu terjadi di Lebuhraya Pantai Timur (LPT), Kilometer 50.8 arah Kuala Lumpur, pada Kamis (16/05/2024).

=====

[KAATEGORI]: KONTEKS YANG SALAH

=====

[SUMBER]: INSTAGRAM
https://ghostarchive.org/archive/QIkh3

=====

[NARASI]: KECELAKAANMOBIL – HARIMAU (melintas)
Tol Pku-DumaiKamis, 16-05-2024
#kecelakaan #mobil #harimau #melintas…

=====

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari kompas.com
Sebuah unggahan narasi di media sosial Instagram dengan nama akun “palembang.berejo” dengan narasi Harimau mati tertabrak kendaraal di Tol Pekanbaru-Dumai.

Setelah melakukan penelusuran, faktanya peristiwa tersebut terjadi di Lebuhraya Pantai Timur (LPT), Kilometer 50.8 arah Kuala Lumpur, pada Kamis (16/05/2024).

Branch Manager Tol Permai Jarot Seno Wibawa, Jumat (17/5/24) saat dikonfirmasi memastikan, kejadian seperti dinarasikan dalam video tersebut bukanlah terjadi di Tol Permai.

Menurutnya, pihaknya sudah mengkroscek titik koordinat termasuk dari berbagai pemberitaan. Hasilnya, video berdurasi 28 detik tersebut terjadi di negara Malaysia.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang Harimau mati tertabrak kendaraal di Tol Pekanbaru-Dumai adalah keliru dan masuk kategori konteks yang salah.

=====

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/18/144100582/-hoaks-harimau-mati-tertabrak-kendaraan-di-tol-pekanbaru-dumai
https://mediacenter.riau.go.id/read/85454/seekor-harimau-mati-tertabrak-di-tol-permai-h.html