[SALAH]: Ibu mertua Kaesang akan menikah dengan Prabowo

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Narasi mengenai Prabowo akan menikahi mertua Kaesang merupakan hoaks. Dahnil Anzar Simanjuntak memastikan kabar tersebut tidak benar.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

====

[SUMBER]: https://perma.cc/43NR-SX85

====

[NARASI]: Sofiatun Gudono, Ibu Mertua Kaesang, Besan Jokowi. Tgl 20 Mei 2024 Akan Menikah dengan Prabowo Subianto.

====

[PENJELASAN]: Beredar sebuah klaim di media sosial bahwa Prabowo akan menikah dengan Sofiatun Gudono yang merupakan ibu mertua dari Kaesang. Namun setelah dilakukan penelusuran, klaim tersebut tidak benar.

Menurut juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, kabar tentang Prabowo akan menikahi mertua Kaesang adalah tidak benar. Dahnil menyatakan bahwa itu adalah hoaks pada Rabu (1/5/2024), seperti yang dilaporkan oleh Kompas.com. Meskipun Prabowo telah bercerai dengan Titiek Soeharto dan tidak memiliki istri, hubungannya dengan Titiek terlihat hangat di media sosial dan di hadapan publik.

Sofiatun, mantan istri Gudono yang meninggal pada 2016, adalah ibu dari Erina Gudono, yang merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dengan demikian klaim tersebut tidak benar dengan kategori konten yang menyesatkan.

====

[REFERENSI]: https://nasional.kompas.com/read/2024/05/01/18105221/prabowo-diisukan-akan-nikahi-mertua-kaesang-jubir-bilang-hoaks

[SALAH] 20 Mei 2024 Sofiatun Gudono akan Menikah dengan Prabowo

[SALAH] Prabowo Akan Menikahi Sofiatun Gudono