[SALAH]: “Kebiasaan Setelah Makan Penyebab Stroke”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya kebiasaan setelah makan seperti langsung mandi, langsung tidur, langsung minum teh, langsung makan buah, langsung olahraga, dan langsung berenang tidak menyebabkan stroke, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya (FIK UM Surabaya), Firman, menjelaskan ada dua penyebab terjadinya stroke. Pertama hemoragik atau perdarahan akibat pecahnya pembuluh darah di otak. Kedua, stroke yang disebabkan adanya sumbatan alias emboli.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TIKTOK
https://ghostarchive.org/archive/h7Y83

=====

[NARASI]: Kebiasaan Setelah Makan Penyebab Stroke

=====

[PENJELASAN]:
Artikel disabur dari Tempo.co.
Sebuah akun Tiktok dengan nama pengguna “amartaherbalstore”  mengunggah video dengan narasi kebiasaan setelah makan langsung mandi, langsung tidur, langsung minum teh, langsung makan buah, langsung olahraga, dan langsung berenang penyebab stroke.

Setelah melakukan penelusuran, melansir dari Tempo.co Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya (FIK UM Surabaya), Firman, menjelaskan ada dua penyebab terjadinya stroke. Pertama hemoragik atau perdarahan akibat pecahnya pembuluh darah di otak. Kedua, stroke yang disebabkan adanya sumbatan alias emboli.

Kebiasaan yang meningkatkan risiko stroke di antaranya biasa mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol, kurangnya aktivitas fisik, terlalu banyak minum minuman beralkohol, serta konsumsi tembakau.

Dengan demikian klaim tentang narasi kebiasaan-kebiasaan setelah makan yang bisa menyebabkan stroke seperti di atas adalah salah dan masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2905/keliru-narasi-tentang-enam-kebiasaan-setelah-makan-penyebab-stroke