[SALAH] Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026 Karena Irak Mundur dari Kualifikasi Pildun

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Pernyataan tersebut tidaklah benar. Isi video tidak menyebutkan Irak mundur dari kualifikasi Piala Dunia 2026. Selain itu, tim sepak bola Irak sudah mempersiapkan nama pemain yang akan tanding melawan Indonesia pada 6 Juni mendatang.

Simak penelusurannya.

====
[KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER] Youtube
https://bit.ly/3wLI05W

====
[NARASI]
GEGER !!! TIMNAS INDONESIA AUTO LOLOS PIALA DUNIA 2026, SETELAH IRAK MUNDUR DARI KUALIFIKASI PILDUN

====
[PENJELASAN]
Video beredar di media sosial menyatakan bahwa Irak mundur dari kualifikasi Piala Dunia 2026 sehingga Indonesia sebagai salah satu lawan dipastikan auto lolos kualifikasi. Video ini diunggah oleh akun Youtube bernama Kanal pada 20 Mei 2024.

Setelah dilihat secara keseluruhan, isi video tersebut tidak sesuai dengan judul yang diangkat. Dalam video tersebut, narator hanya berbicara tentang syarat Indonesia lolos piala dunia meskipun kalah dari Irak. Pernyataan ini, pemeriksa fakta temukan di laman http://bola.okezone.com. Artikel tersebut menjelaskan bahwa Indonesia dapat lolos kualifikasi Piala Dunia meskipun kalah dari Irak karena Indonesia sudah menjadi runner up dengan poin 7.

Selain itu, dilihat dari Instagram resmi sepak bola tim nasional, Irak sudah menyiapkan pemain yang akan tanding menghadapi Indonesia di kualifikasi pada tanggal 6 Juni 2024.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pernyataan Irak mundur dari kualifikasi Piala Dunia 2026 tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://bola.okezone.com/amp/2024/05/17/51/3009525/timnas-indonesia-resmi-lolos-ke-babak-ketiga-kualifikasi-piala-dunia-2026-zona-asia-meski-kalah-dari-irak-begini-syaratnya

https://www.instagram.com/p/C7PdyFqNRBf/?igsh=dDJrYjBwMWgwMmFw