[SALAH] Timnas Guinea Diusir Presiden Prancis Dari Olimpiade

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, unggahan tersebut tidaklah benar. Isi video yang diunggah tidak menyebutkan bahwa Timnas New Guinea diusir dari Olimpiade Paris 2024. Narator dalam video hanya menyampaikan beberapa momen kontroversial terkait pertandingan Timnas U23 Indonesia melawan New Guinea di Paris.

Simak penelusurannya.

====
[ KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER] Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/QREJXKuD5hE

====
[NARASI]
VIRAL HARI INI !!! AKIBAT CURANG LAWAN TIMNAS INDONESIA, TIMNAS GUINEA DIUSIR DARI OLIMPIADE PARIS

====
[PENJELASAN]
Beredar unggahan di Youtube menyatakan bahwa Timnas Guinea diusir dari Olimpiade Paris oleh Presiden Prancis karena mencurangi Timnas Indonesia. Video ini diunggah oleh akun Youtube bernama Kanal pada 18 Mei 2024.

Setelah ditelusuri dan melihat video secara keseluruhan ternyata tidak ada kesesuaian antara judul dengan pernyataan yang disampaikan narator. Dalam video ini, narator hanya membacakan berita tentang beberapa momen kontroversial di Playoff Olimpiade Paris 2024 antara Timnas U-23 Indonesia dengan New Guinea. Salah satu informasi yang disampaikan narator diketahui terdapat dalam laman http://detik.com yang menuliskan tentang pemain New Guinea diserang ujaran rasisme oleh supporter Indonesia.

Selain itu, dilihat dari Instagram resmi Olimpiade Paris 2024, Timnas New Guinea masih menjadi salah satu peserta cabang olahraga sepakbola bersama 15 negara lainnya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa unggahan yang menyebutkan Timnas New Guinea diusir dari Olimpiade Paris tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://sport.detik.com/sepakbola/liga-indonesia/d-7333782/guinea-diserang-ujaran-rasis-suporter-indonesia-pssi-angkat-suara/amp

https://www.instagram.com/p/C6wO7s5CP-d/?igsh=MWdrcDA1anZsOWl2cg==