[SALAH] Prabowo Tolak Proyek IKN

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, Prabowo masih mendukung terealisasinya IKN bahkan sudah menyiapkan rencana anggaran dengan APBN untuk membiayai proyek IKN.

Simak penelusurannya.

====
[KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER] Youtube
https://bit.ly/4bOurSc

====
[NARASI]
JOKOWI TAMAT !! PRABOWO MULAI MELAWAN, TOLAK MENTAH2 PROYEK IKN

====
[PENJELASAN]
Sebuah video yang diunggah di Youtube oleh akun Satu Bangsa menyatakan bahwa Prabowo mulai melawan karena menolak proyek IKN. Video ini diunggah pada 20 Mei 2024 dan telah ditonton lebih dari 1500 tayangan.

Setelah dilihat secara keseluruhan, video tersebut menjelaskan bahwa Prabowo tidak akan memprioritaskan proyek IKN karena akan fokus pada program makan gratis. Dalam video ini juga disampaikan sejumlah komentar netizen tentang Prabowo yang tidak mau pindah ke IKN.

Melansir dari http://kompas.com, Prabowo akan melanjutkan proyek IKN. Prabowo juga sudah merencanakan pembiayaan proyek APBN sekitar 30 miliar dollar AS yang dianggap benar-benar seesai 25 sampai 30 tahun mendatang. Selain itu, dilansir dari http://viva.co.id saat wawancara eksklusif dengan media Al Jazeera, Prabowo menyampaikan bahwa kebijakan ini akan didukung realisasinya karena sudah sejak lama digagas dan Jakarta sebagai ibukota saat ini sudah dihadapkan sejumlah masalah hingga tidak mampu lagi menampung populasi masyarakat.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Prabowo masih mendukung terealisasinya IKN. Pernyataan yang mengatakan Prabowo menolak IKN tidaklah benar.

====
[REFERENSI]

https://nasional.kompas.com/read/2024/05/17/04300031/prabowo-yakin-pemerintahannya-lanjutkan-proyek-ikn-dengan-apbn

https://www.viva.co.id/berita/nasional/1713362-tegaskan-lanjut-bangun-ikn-prabowo-kita-harus-investasi-lebih-banyak-selamatkan-jakarta