[SALAH]: VIDEO ” Retno Marsudi, Menandatangani Pelunasan Hutang Negara kepada China”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya video tersebut bukanlah proses penandatanganan pelunasan hutang Indonesia ke China melainkan penandatanganan MoU kerjasama antara Negara Indonesia dan China pada 17 Oktober 2023.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TWITTER
https://ghostarchive.org/archive/I2ZWv

=====

[NARASI]: Lama² ini itu punya² oeee…!
(LIPPO ) jika dilanjutkan oleh 02 …! Betul kan …?
Bener…. Apa Betul…!!!

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “@H4T14K4LN4L42” yang mengunggah video dengan narasi penandatangannan dokumen pelunasan hutang indonesia ke China.

Setelah dilakukan penelusuran, potongan video tersebut berasal dari channel Youtube Sekretariat Presiden dengan judul video “Upacara Penyambutan Resmi Presiden Jokowi oleh Presiden RRT Xi Jinping, Beijing, 17 Oktober 2023”.

Pada pertemuan ini, Presiden Jokowi dan Xi Jinping membahas mengenai kerjasama antara Indonesia dengan Cina.

Setelah melakukan perbincangan, dilakukan penandatanganan MoU kerjasama Indonesia dan China yang salah satu poinnya berisi tentang penguatan investasi serta kerjasama ekonomi.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang pelunasan hutang Indonesia ke China adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://turnbackhoax.id/2024/04/09/salah-foto-proses-penandatanganan-bukti-pelunasan-hutang-indonesia-ke-china/
https://turnbackhoax.id/2024/04/24/salah-video-menteri-luar-negeri-retno-marsudi-menandatangani-pelunasan-hutang-negara-kepada-china/