[SALAH] Foto Proses Penandatanganan Bukti Pelunasan Hutang Indonesia Ke China

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, foto tersebut bukanlah proses penandatanganan pelunasan hutang Indonesia ke China melainkan penandatanganan MoU kerjasama antara Negara Indonesia dan China pada 17 Oktober 2023.

Simak Penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER] Tiktok
https://ghostarchive.org/archive/tAnWO

====
[NARASI]
Proses penanda tanganan bukti pelunasan hutang Indonesia ke China

====
[PENJELASAN]
Sebuah video yang diunggah di Tiktok oleh akun @rafera1212 memperlihatkan Jokowi dan Xi Jinping sedang menyaksikan proses penandatanganan yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. Dalam video ini disertakan narasi bahwa Indonesia tengah melakukan proses penanda tanganan bukti pelunasan hutang ke China.

Setelah ditelusuri oleh tim pemeriksa fakta menggunakan google lens, ternyata foto tersebut mirip dengan yang diunggah oleh laman http://bisnis.tempo.co. Pada artikel ini, dituliskan bahwa Presiden Jokowi dan Presiden Cina Xi Jinping melakukan pertemuan bilateral pada 17 Oktober 2023 di Great Hall Of The People, Beijing. Pada pertemuan ini, Presiden Jokowi dan Xi Jinping membahas mengenai kerjasama antara Indonesia dengan Cina. Setelah melakukan perbincangan, dilakukan penandatanganan MoU kerjasama Indonesia dan China yang salah satu poinnya berisi tentang penguatan investasi serta kerjasama ekonomi.

Dengan demikian, foto yang beredar di Tiktok dan menyertakan klaim bahwa Indonesia sedang melakukan proses penandatanganan pelunasan hutang ke China serta disaksikan oleh Presiden dua negara tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://bisnis.tempo.co/read/1785328/4-poin-yang-disampaikan-jokowi-ke-xi-jinping-dari-harapan-cina-jadi-mitra-strategis-di-ikn-hingga

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-foto-proses-penandatanganan-bukti-pelunasan-hutang-indonesia-ke-china

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-foto-proses-penandatanganan-bukti-pelunasan-hutang-indonesia-ke-china