[SALAH] PRABOWO AKUI BOLEH JUAL NEGARA ATAS PERINTAH JOKOWI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan pemberitaan terkait Prabowo akui boleh jual negara atas perintah Jokowi. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi gabungan dari beberapa cuplikan video berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/SFC8-TG3B (Youtube)

=======

[NARASI]:
MENGGEMPARKANJEJAK DIGITAL PRABOWO,AKUI BOLEH JUAL NEGARA ATAS PERINTAH JKW

KABAR MENGGEMPARKAN
JEJAK DIGITAL MEMANG KEJ4M
DIAM2 PRABOWO & JOKOWI MAU JUAL PULAU

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan Prabowo akui boleh jual negara atas perintah Jokowi beredar dari channel youtube bernama ONE NATION pada 16 Mei 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar yang digabung menjadi satu. Video yang ditampilkan hanya menyajikan beberapa cuplikan video berbeda yang tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel cek fakta dari kompas.com berjudul “[KLARIFIKASI] Video Prabowo “Boleh Jual Negara asal Santun” Disebarkan dengan Konteks Keliru” yang dimuat pada 9 Februari 2024.

Artikel tersebut membahas terkait video Prabowo yang membacakan sajak bejudul “Asal Santun” yang dibagikan dengan konteks keliru.

Dengan demikian, narasi dengan klaim Prabowo akui boleh jual negara atas perintah Jokowi tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/02/09/175000882/-klarifikasi-video-prabowo-boleh-jual-negara-asal-santun-disebarkan?page=all