[SALAH] MOBIL JOKOWI DIHADANG MASSA, RAKYAT MINTA JOKOWI MUNDUR

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait mobil Jokowi dihadang massa dan rakyat minta Jokowi mundur. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/CX32-88KA (Youtube)

=======

[NARASI]:
SITUASI MENCEK4MMMOBIL J0K0WI DIHADANG MASSA, RAKYAT MINTA JKW MUNDUR HARI INI

KABAR MENGGEMPARKAN
SITUASI MENCEK4MM DI MUNA
MOBIL JKW DIHADANG & DIAMUK MASSA

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama ONE NATION yang menampilkan gambar thumbnail kerumunan massa merusak mobil plat merah bernarasikan mobil Jokowi dihadang massa dan rakyat minta Jokowi mundur.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak terdapat informasi yang mendukung klaim narasi yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel seword.com berjudul “Inilah Pemimpin Jahat yang dimaksud Prof Mahfud MD?” yang dimuat pada 21 Agustus 2018.

Thumbnail yang menampilkan kerumunan massa merusak mobil plat merah tersebut merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar yang digabung menjadi satu.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim mobil Jokowi dihadang massa dan rakyat minta Jokowi mundur adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://seword.com/politik/inilah-pemimpin-jahat-yang-dimaksud-prof-mahfud-md-Rvkz1jw0B