[SALAH] Penularan HIV Melalui Tester Lipstik

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

HIV tidak menular melalui peralatan makanan, pakaian, handuk, sapu tangan, kosmetik, toilet yang dipakai secara bersama-sama, ciuman pipi, berjabat tangan, hidup serumah dengan penderita HIV dan hubungan sosial lainnya.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten menyesatkan

Beredar sebuah postingan oleh akun YouTube Grace Tahir yang menyebutkan penularan HIV bisa melalui tester lipstik. Hingga artikel ini dimuat, video tersebut sudah diputar sebanyak lebih dari 2000 kali.

NARASI:
Hi GTeam,
Pasti bagi para perempuan belom lengkap rasanya kalo dateng ke toko make up engga nyoba tester lipstick, mascara hingga foundation. Tapi taukah kamu mencoba tester make up di toko kecantikan bisa mengakibatkan penularan HIV?! Fakta Asik Kesehatan kali ini memberi pemahaman tentang pencegahan penularan HIV pada saat mencoba tester make up di toko kecantikan. Harus diperhatikan ya karena hal ini bisa berdampak pada kesehatan diri kamu. Yuk belajar pencegahan HIV lewat episode ini!

#everestmedia#faktaasikkesehatan#faktakesehatan#faktamenarik#faktaunik#infokesehatan#infomenarik#infosehat#penyakit#aids#tester#makeup#kesehatanwanita#everestmedia

Sumber: YouTube https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/05/HIV.pdf Arsip
==========

PENJELASAN:
Grace Tahir merupakan seorang pengusaha Tionghoa-Indonesia serta direktur Mayapada Hospital, ia juga sempat viral usai memparodikan video pamer harta.

Namun dalam video YouTube yang diunggah berjudul “HATI-HATI! TESTER MAKE UP DI TOKO BISA MENYEBABKAN HIV?!”, tidak sedikit warganet yang turut mengomentari bahwa apa yang disampaikan terdapat kesalahan informasi. Seperti salah satu akun @aldodwikristian7906.

“Kelihatannya perlu dikaji ulang bu terkait dengan sumber pembuatan konten, berhubung konten ini sedang dan akan di konsumsi banyak orang. Memang betul, jikalau penularan HIV salah satunya bisa melalui darah, namun juga tidak semudah hanya dengan menggunakan lipstik secara bersamaan. Sampai komen ini saya tulis, saya belum menemukan ada case/penelitian mengenai penularan HIV melalui penggunaan lipstik yang dilakukan bersamaan. (But, let us know if you found one)……..”

Dikutip dari Alodok oleh dr. Atikah Dafri, ia menyebutkan bahwa Virus HIV tidak dapat menular begitu saja secara mudah. Virus HIV dapat ditularkan dengan adanya beberapa kondisi yang terjadi bersamaan, yakni perpindahan cairan tubuh ( yakni darah dan cairan dari organ intim ), ditambah aktivitas yang berisiko ( seperti hubungan seksual tanpa kondom, berbagi jarum suntik bekas penderita ), dan akses langsung ke aliran darah.

HIV tidak menular melalui peralatan makanan, pakaian, handuk, sapu tangan, kosmetik, toilet yang dipakai secara bersama-sama, ciuman pipi, berjabat tangan, hidup serumah dengan penderita HIV dan hubungan sosial lainnya. Air liur, air mata, air seni serta gigitan nyamuk belum terbukti dapat menularkan HIV.

Dengan demikian, penularan HIV melalui tester lipstik adalah klaim yang kurang tepat, sehingga masuk dalam kategori konten menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/lipstick