[SALAH] Peristiwa Pembegalan di Cicalengka Pada 7 Mei 2024

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, berita tersebut tidaklah benar. Kepolisian setempat sudah menegaskan bahwa tidak ada pembegalan di Cicalengka pada 7 Mei 2024 melainkan murni kecelakaan motor.

Simak penelusurannya.

====
[KATEGORI] Konten menyesatkan

====
[ SUMBER] Facebook
https://ghostarchive.org/archive/fp7xQ

====
[NARASI]
Cicalengka darurat kejahatan
Blum selesai kasus pembacokan oleh geng motor yg mengakibatkan 7 korban, di bwah jembatan cikopo, terjadi lagi tadi mlam jm 20.00-+ di dampit cicalengka Di himbau untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah diatas jm 9mlam sampai kondisi cicalengka

kondusif Hindari jlan” rawan begal sprti by pass dari pom bensin beor cicalengka-paramon terlebih waktu mlam hari, gunakan jalur warung lahang-cicalengka-paramon atau sebaliknya,area Rancaekek (kahatex, permata hijau, dangdeur)

====
[PENJELASAN]
Beredar postingan di Facebook menyatakan terjadi peristiwa pembegalan di daerah Candi, Cicalengka pada 7 Mei 2024. Dalam postingan ini terlihat foto seseorang yang sedang dirawat karena mengalami luka di tubuhnya. Pernyataan ini diposting oleh akun Facebook bernama Bayu pada 8 Mei 2024.

Setelah ditelusuri, pernyataan tersebut tidak benar. Melansir dari http://Kompas.com, Kapolsek Cicalengka Kompol Deni Rusnandar menyangkal adanya aksi pembegalan di wilayah Candi Kecamatan Cicalengka, seperti yang diunggah oleh akun tersebut. Deni menjelaskan bahwa peristiwa yang terjadi di daerah tersebut bukanlah pembegalan melainkan murni kecelakaan. Peristiwa ini terjadi ketika korban mengendarai sepeda motornya di wilayah Candi, dari arah berlawanan terdapat dua sepeda motor yang melaju beriringan. Motor yang di depan tidak menggunakan lampu, sedangkan motor yang di belakang dilengkapi lampu. Akhirnya, motor korban dengan motor yang tidak menggunakan lampu saling bergesekan dan mengakibatkan korban jatuh dari kendaraannya hingga mendapatkan luka di bagian lengan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa postingan yang menyatakan bahwa terjadi pembegalan di Cicalengka pada 7 Mei 2024 tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://bandung.kompas.com/read/2024/05/09/195421378/viral-unggahan-aksi-pembegalan-tukang-pijit-di-cicalengka-polisi-tegaskan