[SALAH]: “Pertalite dihapus dan digantikan Green Pertamax”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyatakan isu tersebut tidak benar. Irto memastikan sebagian besar SPBU tetap menjual Pertalite karena statusnya masih produk penugasan atau JBKP.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TWITTER/X
https://ghostarchive.org/archive/1Y30H

=====

[NARASI]: Selamat Menikmati BBM Harga Baru dipaksakan tadi malam tgl 4.5.24 Petralite dihapus, PLN naik tgl 2.5.24, Selamat Menikmati Pajak2 yang Naik, Selamat Menikmati Sembako Naik, Barang dn Jasa Naik, Transportasi Naik. Mari kita terus BERSYUKUR atas NIKMAT yg diberikan oleh pemerintah

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “Area_Netizen” yang mengunggah foto dengan narasi Pertalite dihapus dan digantikan Green Pertamax.

Setelah melakukan penelusuran, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyatakan isu tersebut tidak benar. Irto memastikan sebagian besar SPBU tetap menjual Pertalite karena statusnya masih produk penugasan atau JBKP.

Irto tidak menampik bahwa terdapat beberapa SPBU yang sudah tidak lagi menjual BBM subsidi seperti Pertalite. Namun, ia memastikan jumlahnya belum masif dan produk tersebut masih tersedia.

Hal itu dikarenakan tidak semua SPBU mendapatkan alokasi BBM subsidi, meski jumlahnya tidak sebanyak SPBU yang masih menyediakan BBM subsidi.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang Pertalite dihapus dan digantikan Green Pertamax adalah keliru dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240428085226-85-1091345/pertamina-buka-suara-isu-pertalite-dihapus-dari-spbu
https://turnbackhoax.id/2024/05/10/salah-spbu-pertamina-tidak-lagi-menjual-pertalite/