[SALAH] Perusahaan Danone Aqua Dukung Israel 

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, perusahaan Danone tidak terafiliasi politik dengan pihak manapun, serta perusahaan tersebut terang terangan mendukung Palestina melalui berbagai donasi yang disalurkan. Dalam produk boikot yang di serukan oleh DBS juga tidak mencantumkan perusahaan Danone maupun Aqua. 

=====    

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====    

Sumber: Tiktok
https://ghostarchive.org/archive/Zn1zK

=====    

Narasi   
Sebaik2nya manusia ialah yang dapat bermanfaat untuk orang lain 🇵🇸 

=====   

Penjelasan:   
Akun tiktok @rajobsn telah mengunggah video mengenai perusahaan Danone yang salah satu produknya ialah Aqua telah mendukung Israel. Pada akun tersebut juga memberikan statement untuk boikot produk Aqua di Indonesia. 


Setelah dilakukan penelusuran dengan memakai keyword “boikot aqua” pada laman google terdapat beberapa artikel yang membahas hal tersebut. Dilansir dalam salah satu artikel news.republika.co.id Danone yang merupakan produsen aqua adalah produk lokal yang terang terangan mendukung Palestina melalui donasi, baik melalui kedutaan Palestina maupun melalui LazisMu (badan Zakat Muhammadiyah), Lazisnu, BAZNAS, Kedutaan Palestina, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, hingga TNI Angkatan Laut. 

Corporate Communication Director Danone Indonesia Arif Mujahidin mengatakan Danone adalah perusahaan publik yang beroperasi di 120 negara. Atas hal itu pihaknya memiliki banyak karyawan dari beragam latar belakang etnis dan budaya. Danone juga menegaskan bahwa mereka tidak memiliki pabrik dan tidak beroperasi di Israel, serta tidak memiliki afiliasi politik dengan pihak manapun. 

Dalam akun twitter resmi BDS Indonesia juga telah mengunggah daftar produk boikot terbarunya yang dikelompokkan menjadi 3 kategori, yaitu Super Jahat, Tinggalkan, dan Gausah Beli Dulu Deh. Dalam unggahan terbarunya mengenai produk boikot tersebut juga tidak ada nama Aqua maupun Danone yang masuk menjadi produk boikot. MUI sendiri menyerahkan kepada masyarakat untuk mencari informasi sendiri mana brand yang terafiliasi dengan israel. 

=====     

Referensi:    
https://news.republika.co.id/berita/saqteq456/bds-indonesia-harap-masyarakat-lakukan-boikot-secara-selektif
https://x.com/gerakanbds_id/status/1768939897505874406?s=46
https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20231113143029-33-488613/aqua-jadi-sasaran-boikot-ini-klarifikasi-manajemen-danone/amp