[SALAH]: “Video, mata anak bengkak dan merah karena terlalu lama menggunakan HP”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya Dokter Spesialis Mata, dr Ferdiriza Hamzah, Sp. M seperti membantah bahwa bermain HP dapat membuat mata berdarah, bermain HP memang dapat menyebabkan gangguan mata seperti mata lelah, mata kering, bahkan bisa menambah ukuran minus mata untuk anak-anak.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: INSTAGRAM
https://ghostarchive.org/archive/Lgnsh

=====

[NARASI]: pelajaran buat kita sebagai seorang ibuk ibuk
#bocah #eidmubarak #snackstyle #newsmata anak bengkak dan merah karena terlalu lama menggunakan HP

=====

[PENJELASAN]:
Akun Instagram dengan nama pengguna “hidayat_rahmat_deaf_tuli” mengunggah video dengan narasi mata anak bengkak dan merah karena terlalu lama menggunakan HP.

Setelah melakukan penelusuran, faktanya Dokter Spesialis Mata, dr Ferdiriza Hamzah, Sp. M membantah bahwa bermain HP dapat membuat mata berdarah.

Dampak penggunaan HP terlalu lama memang dapat menyebabkan gangguan mata seperti mata lelah, mata kering, bahkan bisa menambah ukuran minus mata untuk anak-anak.

Dengan demikian, klaim tentang mata anak bengkak dan merah karena terlalu lama menggunakan HP adalah keliru dan masuk kategori konten yang meyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/10/080000520/viral-foto-mata-merah-karena-pembuluh-pecah-akibat-main-ponsel-ini?page=all#page2