[SALAH] Laga Indonesia vs Guinea Resmi Diulang

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, tidak ada bukti bahwa akan diadakannya pertandingan ulang antara Timnas Indonesia vs Timnas Guinea untuk memperebutkan tiket Olimpiade Paris 2024.

=====    

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====    

Sumber: Facebook
https://bit.ly/4dBNSiH

=====    

Narasi   

Wasit asal Prancis terbukti main mata! Laga Indonesia VS Guinea Resmi Diulang 

=====   

Penjelasan:   
Artikel disadur dari kompas.com.
Akun facebook Gusrafa Channel mengunggah video mengenai kecurangan wasit terhadap laga Indonesia vs Guinea 9 Mei 2024, dan akan diadakannya pertandingan ulang. 

Sebelumnya, wasit pertandingan Indonesia vs Guinea, Francois Letexier menjadi sorotan karena membuat keputusan yang dianggap merugikan Indonesia. Ia memberikan dua penalti kepada Guinea dan mengeluarkan kartu merah untuk pelatih Indonesia, Shin Tae-yong.

Setelah melihat video berdurasi 04.10 menit, narator lebih banyak menjelaskan soal keputusan wasit yang dianggap merugikan Indonesia, serta tidak adanya bukti resmi bahwa wasit Francois Letexier terbukti curang maupun pertandingan yang akan diulang. Dilansir dalam kompas.com, tim pemeriksa fakta kompas.com telah melakukan penelusuran dengan melihat laman olympics.com, pada laman tersebut timnas Guinea telah dipastikan lolos untuk Olimpiade Paris 2024, sehingga tidak adanya pertandingan ulang antara Indonesia vs Guinea untuk memperebutkan tiket Olimpiade Paris 2024. 

=====     

Referensi:    

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/10/144011682/hoaks-wasit-terbukti-curang-laga-indonesia-vs-guinea-diulang