[SALAH] Undian Berhadiah Bank Mandiri

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, tautan pada unggahan tidak mengarah ke situs resmi Bank Mandiri dan tidak adanya informasi promo berhadiah pada media sosial resmi Bank Mandiri.
=====   

KATEGORI: Konten Tiruan

=====   

Sumber: Facebook
https://bit.ly/3Wwve5V

=====   

Narasi  
𝙆𝙝𝙪𝙨𝙪𝙨 𝙉𝙖𝙨𝙖𝙗𝙖𝙝 𝘽𝙖𝙣𝙠 MANDIRI 𝙔𝙖𝙣𝙜 𝙎𝙪𝙙𝙖𝙝 𝘼𝙠𝙩𝙞𝙛 Menggunakan LIVIN by MANDIRI

𝙂𝙀𝘽𝙔𝘼𝙍 𝙐𝙉𝘿𝙄𝘼𝙉 𝙂𝙍𝘼𝙉𝘿 𝙋𝙍𝙄𝙕𝙀 𝙏𝘼𝘽𝙐𝙉𝙂𝘼𝙉 𝘽𝘼𝙉𝙆 MANDIRI 𝙃𝙖𝙙𝙞𝙧 𝙡𝙖𝙜𝙞,  𝘼𝙮𝙤 𝙗𝙪𝙧𝙪𝙖𝙣 𝘿𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧 𝙖𝙜𝙖𝙧 𝙢𝙚𝙢𝙚𝙣𝙖𝙣𝙜𝙠𝙖𝙣 𝙂𝙧𝙖𝙣𝙙 𝙋𝙧𝙞𝙯𝙚 𝙎𝙚𝙥𝙚𝙧𝙩𝙞:

  • 𝙂𝙧𝙖𝙣𝙙 𝙋𝙧𝙞𝙯𝙚 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡

-1 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝘼𝙡𝙥𝙝𝙖𝙧𝙙
-1 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝘾𝙍-𝙑 𝙏𝙪𝙧𝙗𝙤
-1 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝙓𝙥𝙖𝙣𝙙𝙚𝙧
-1 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝙁𝙤𝙧𝙩𝙪𝙣𝙚𝙧
-1 𝙐𝙣𝙞𝙩 𝙈𝙤𝙗𝙞𝙡 𝘽𝙈𝙒
-20 𝙐𝙣𝙞𝙩  𝙥𝙧𝙤𝙢𝙖𝙭15
-10 𝙋𝙖𝙠𝙚𝙩 𝙬𝙞𝙨𝙖𝙩𝙖 𝙎𝙞𝙣𝙜𝙖𝙥𝙪𝙧𝙖
-10 𝙋𝙖𝙠𝙚𝙩 𝙐𝙢𝙧𝙤𝙝 𝙂𝙧𝙖𝙩𝙞𝙨

𝙈𝙖𝙨𝙞𝙝 𝙗𝙖𝙣𝙮𝙖𝙠 𝙠𝙚𝙪𝙣𝙩𝙪𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙡𝙖𝙞𝙣𝙣𝙮𝙖… 𝙞𝙣𝙛𝙤 𝙡𝙚𝙗𝙞𝙝 𝙡𝙖𝙣𝙟𝙪𝙩 𝙩𝙚𝙣𝙩𝙖𝙣𝙜 𝙥𝙚𝙣𝙙𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧𝙖𝙣 ( 𝙂𝙀𝘽𝙔𝘼𝙍 𝙐𝙉𝘿𝙄𝘼𝙉 𝙂𝙍𝘼𝙉𝘿 𝙋𝙍𝙄𝙕𝙀 𝘽𝘼𝙉𝙆 MANDIRI) 𝙨𝙞𝙡𝙖𝙠𝙖𝙣 𝙠𝙡𝙞𝙠 ( 𝘿𝙖𝙛𝙩𝙖𝙧 ) 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙠𝙖𝙢𝙞 𝙨𝙚𝙙𝙞𝙖𝙠𝙖𝙣.

=====  

Penjelasan:  
Akun facebook Promo Special telah memposting sebuah unggahan yang mengklaim adanya undian berhadiah dari Bank Mandiri. Postingan tersebut diunggah pada 4 Mei 2024.

Dilansir dalam tirto.id mereka telah menemukan postingan yang hampir sama dengan postingan sejenis dengan postingan akun facebook Promo Special. Setelah dilakukan penelusuran dengan mengecek tautan yang dicantumkan tidak mengarah kepada situs atau web resmi Bank Mandiri. Instagram resmi Bank Mandiri yaitu @bankmandiri tidak adanya informasi mengenai undian berhadiah tersebut. Pada situs web resmi Bank Mandiri www.bankmandiri.co.id juga tidak adanya informasi mengenai undian berhadiah tersebut.

Penelusuran pada akun facebook Promo Special ternyata akun tersebut baru dibuat pada 3 Mei 2024 dan hanya mempunyai 3 pengikut. Lewat highlight “JagaBaikBaik”, Bank Mandiri mengingatkan nasabah untuk berhati-hati dengan akun palsu. Bank Mandiri menegaskan bahwa program undian yang diselenggarakan pihaknya selalu diinformasikan di situs dan media sosial resmi Bank Mandiri yang terverifikasi dengan centang biru atau hijau.

Sementara itu akun Facebook yang mengatasnamakan Bank Mandiri bisa jadi merupakan modus penipuan atau phishing.

=====    

Referensi:   
https://bankmandiri.co.id
https://www.instagram.com/s/aGlnaGxpZ2h0OjE3ODkwMDkzMDY0NjEzNTU1?story_media_id=2774112597756933166&igsh=MTg4MWhpZHRueG95ZA==
https://tirto.id/tidak-benar-ada-undian-berhadiah-bagi-nasabah-bank-mandiri-gXwb
https://turnbackhoax.id/2024/04/30/salah-gebyar-undian-mandiri-oleh-akun-programundian2024/