[SALAH] Cristiano Ronaldo Mengkritik Penampilan Marselino Ferdinan

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, dalam klip asli wawancara tersebut Ronaldo membahas mengenai Liga Arab Saudi yang sangat kompetitif dan mulai banyak ditonton dunia, bukan mengenai kritikan terhadap Marselino

=====   

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====   

Sumber: Facebook
https://bit.ly/3y3R1HJ

=====   

Narasi  
Cristiano Ronaldo Sebut Marselino Ferdinan Sok Pemain Bintang dan Katakan Hal Ini

=====  

Penjelasan:  
Artikel disadur dari Kompas.
Akun facebook Ikhsan Regarsport telah memposting sebuh video yang mengklaim Cristiano Ronaldo mengkritik Marselino Ferdinan, salah satu pemain Timnas Indonesia.

Setelah dilakukan penelusuran oleh Tim Pemeriksa Fakta Kompas.com, diketahui bahwa klip pertama yang menampilkan Cristiano Ronaldo diwawancara dengan subtitle :
“Sehebat apapun anda, anda harus bermain secara tim Anda tidak bisa hanya ingin mencetak gol sendiri kerana jika anda membuang peluang,”   adalah tidak benar. Klip asli yang ada dalam cuplikan tersebut berasal dari kanal youtube BeanymanSport dengan judul “Cristiano Ronaldo WORLD’S TOP SCORER interview | ‘I feel HAPPY & next year WILL TRY TO DO IT AGAIN!” telah diunggah pada tanggal 1 Januari 2024.

Dalam wawancaranya, Ronaldo mengatakan, Liga Arab Saudi sangat kompetitif. Ronaldo juga mengapresiasi bahwa saat ini dunia menyaksikan Liga Arab. Hal tersebut disampaikan Ronaldo ketika ditanya reporter soal pernyataannya yang pernah menyebut Liga Arab bisa menjadi salah satu dari lima liga terbaik di dunia. Sehingga, dapat dipastikan bahwa video yang diunggah akun facebook tidak terkait dengan Ronaldo mengkritik penampilan Marselino.
=====    

Referensi:   
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/08/151600982/-hoaks-cristiano-ronaldo-kritik-penampilan-marselino-ferdinan