[SALAH] Pelatih Guinea Menyebut Indonesia Merupakan Negara Miskin

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, Postingan video dari akun tiktok tersebut hanya menyunting beberapa klip wawancara Kaba Diawara dan menambahkan dengan narasi yang menyesatkan.
=====   

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====   

Sumber: Tiktok
https://ghostarchive.org/archive/SOleN

=====   

Narasi  
Buktikan Garuda Muda :muscle::muscle::flag-mc:

=====  

Penjelasan:  
Akun tiktok mumuhshop020389 telah mengunggah klip video yang menampilkan pelatih Guinea, Kaba Diawara menilah bahwa Indonesia merupakan negara miskin karena tidak mempunyai infrastruktur kelas internasional.

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan kata kunci ‘Pelatih Guinea Remehkan Indonesia’ terdapat beberapa berita yang menyangkal hal tersebut, salah satunya idntimes.com. Dilansir dari idntimes.com klip pertama pada postingan video tersebut diambil dari video wawancara Kaba Diawara di akun youtube Clever One Agency dengan judul “Interview de Kaba Diawara, selection de la Guinea” yang diunggah pada tanggal 4 Oktober 2024.

Dalam wawancaranya, Diawara membicarakan kariernya di dunia sepak bola. Diawara membahas pengalamannya kala bermain di Eropa bersama Arsenal dan Paris Saint-Germain (PSG) dan klub Arsenal. Dalam wawancaranya tersebut Diawara sama sekali tidak membicarakan Indonesia maupun Timnas Indonesia. Setelah dilakukan pencarian lebih lanjut, tidak ada bukti atau klip asli yang mengatakan bahwa pelatih Guinea telah menyebut Indonesia negara miskin.

Sehingga, video yang menampilkan Kaba Diawara meremehkan Indonesia dengan menyebut bahwa Indonesia negara miskin adalah tidak benar. Postingan video dari akun tiktok tersebut hanya menyunting beberapa klip wawancara Kaba Diawara dan menambahkan dengan narasi yang menyesatkan.

=====    

Referensi:   
https://www.idntimes.com/sport/soccer/tino-satrio/cek-fakta-pelatih-guinea-hina-timnas-u-23-dan-indonesia?page=all
https://youtu.be/Zy7OSGzHCWA?feature=shared