[SALAH] Harvey Moeis dan Sandra Dewi Divonis Hukuman Mati Atas Kasus Korupsi Timah 271 T

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Harvey Moeis dan sang istri telah dijatuhi hukuman mati atas kasus korupsi timah yang merugikan negara hingga Rp 271 triliun merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, foto pada thumbnail merupakan hasil suntingan dan tidak ada bukti kredibel mengenai klaim tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/kx9o8HymI_g (YouTube)

=======

[NARASI]: ‚ÄúSandra Dewi Dan Harvey Moeis Akhirnya Divonis Hukuman M4ti Atas Korupsi 271 T”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @BADBOYSCAM pada 8 April 2024 mengunggah video yang mengklaim bahwa Harvey Moeis dan sang istri, Sandra Dewi, akhirnya divonis hukuman mati atas kasus korupsi timah yang merugikan negara hingga Rp 271 triliun.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya thumbnail yang diklaim sebagai proses eksekusi mati Harvey Moeis dan Sandra Dewi merupakan hasil suntingan.

Berdasarkan penelusuran menggunakan Google Image, ditemukan gambar yang identik pada website dw.com berjudul “Iran Eksekusi Mati Pemrotes Anti-Rezim” dan telah diunggah pada 8 Desember 2022. Gambar asli tersebut merupakan foto arsip tahun 2007 yang menunjukkan eksekusi mati dengan hukuman gantung di depan umum yang terjadi di Teheran, Iran.

Sumber: dw.com

Hingga saat ini pun, tidak ditemukan bukti kredibel mengenai Harvey Moeis dan Sandra Dewi yang divonis hukuman mati seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @BADBOYSCAM merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.dw.com/id/iran-eksekusi-mati-pemrotes-anti-rezim/a-64027721
https://news.detik.com/berita/d-7270287/harvey-moeis-dijerat-pasal-tipikor-ancaman-hukuman-maksimal-bui-seumur-hidup