[SALAH] Megawati Mengiklankan Obat Nyeri Sendi

Hasil periksa fakta Agnes A

Hasil manipulasi. Video aslinya berasal dari Wawancara Eksklusif 75 Tahun Indonesia, Megawati menyampaikan pengalaman berkesan saat menjadi Presiden RI.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://bit.ly/4bfMGQc (Facebook)

=====

[NARASI]: “Untuk informasi lebih lanjut tentang alat ini, klik :point_right::skin-tone-2:

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun facebook mengunggah video berisi Megawati Soekarnoputri yang mengiklankan obat nyeri sendi. Menurut video, Megawati menggunakan obat yang tidak diproduksi massal, meski nama obat itu tidak spesifik disebutkan dalam video. Di bagian bawah video juga terdapat tautan yang mengarahkan ke situs lain. Keterangan teks penyerta video berisi saran untuk mengklik tautan untuk informasi lebih lanjut.

Namun saat melihat video, nampak tidak singkron antara gerakan mulut dan pesan yang disampaikan oleh Megawati.

Setelah dilakukan pencarian dengan Google Image Reverse, ditemukan bahwa potongan video yang ditampilkan berasal dari video Wawancara Eksklusif 75 Tahun Indonesia Merdeka yang diunggah oleh kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Terlihat Megawati mengenakan pakaian bermotif bunga berwarna cerah dan pin besar di dada kirinya, serupa dengan video iklan yang tersebar di Facebook.

Dalam video tersebut, berisi wawancara Megawati terkait dengan Dirgahayu Indonesia ke-75. Megawati bercerita soal pengalaman paling berkesan sebagai presiden, tips bagi generasi muda, pendapat soal bagaimana perempuan Indonesia bisa memajukan bangsa, dan lain sebagainya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa video Megawati yang mengiklankan obat nyeri tersebut adalah hasil manipulasi.

=====

[REFERENSI]: