[SALAH] Foto Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu Terbaring Sakit

Hasil Periksa Fakta Oleh Dyah Febriyani

Foto tersebut merupakan hasil manipulasi. Faktanya, sosok yang terbaring sakit itu bukan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, melainkan seorang wanita Israel bernama Adele Banita Bennet.

[KATEGORI]
Konten yang dimanipulasi

[SUMBER]
TikTok
https://perma.cc/JAY8-KU26

[NARASI]
“dipersilahkan kata kata mutiara nya kawan”

[PENJELASAN]
Beredar sebuah video TikTok yang menampilkan foto Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terbaring sakit. Pada foto itu tampak istri Netanyahu, Sara Netanyahu mendampingi disamping tempat tidur. Unggahan itu telah mendapat 37,7 like pengguna TikTok.

Faktanya, foto Netanyahu sakit tersebut adalah hasil manipulasi. Foto aslinya merupakan foto ketika Sara Netanyahu menjenguk seorang wanita Israel bernama Adele Banita Bennet. Dia ditikam di Kota Tua Yerusalem setelah bentrokan meletus antara orang Palestina dan pemukim pada Oktober 2015.

Foto Netanyahu yang diklaim sakit tersebut telah beredar diberbagai platform seperti Twitter, Facebook dan TikTok. Pemeriksa fakta independen, Misbar menuliskan hasil debunking terkait foto tersebut. Mereka menyebut tidak ada informasi resmi jika Netanyahu sedang sakit.

Dengan demikian, unggahan TikTok yang mengklaim Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sakit adalah salah. Unggahan itu termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

[REFERENSI]
https://turnbackhoax.id/2024/03/08/salah-perdana-menteri-israel-netanyahu-terinfeksi-covid/

https://misbar.com/en/factcheck/2024/03/04/this-photo-does-not-show-netanyahu-hospitalized-for-covid-19

https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-perdana-menteri-israel-netanyahu-terinfeksi-covid