[SALAH] Foto Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto Naik Kereta Cepat

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Foto tersebut hasil editan. Foto aslinya Prabowo duduk berhadapan dengan Presiden Jokowi di dalam Kereta Api Cepat Indonesia dari Stasiun Halim, Jakarta Timur, menuju Stasiun Tegalluar, Cileunyi, Kabupaten Bandung pada 19 September 2023.

[KATEGORI]
Konten yang dimanipulasi

[SUMBER]
Tiktok.com
https://perma.cc/3T9K-HGQE

[NARASI]
“Foto Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto Naik Kereta Cepat”

[PENJELASAN]
Akun TikTok @fanbase_prabowo.titiek, menggungah foto yang menampilkan Prabowo dan Titiek Soeharto duduk bersanding saat naik kereta cepat. Pada foto, Prabowo menggunakan kemeja putih, sedangkan Titiek menggunakan baju bernuansa biru putih.

Setelah dilakukan penelusuran Google Image Search, foto aslinya Prabowo tidak duduk di samping Titiek. Faktanya, Prabowo duduk berhadapan dengan Presiden Jokowi di dalam Kereta Api Cepat Indonesia dari Stasiun Halim, Jakarta Timur, menuju Stasiun Tegalluar, Cileunyi, Kabupaten Bandung pada 19 September 2023.

Foto aslinya dapat dilihat pada unggahan instagram Prabowo pada 19 September 2023. “Berkesempatan menaiki Kereta Api Cepat Indonesia Jakarta – Bandung bersama Presiden RI @Jokowi” tulis Prabowo pada keterangan foto yang diunggahnya.

Dengan demikian, foto Prabowo dan Titiek duduk bersebelahan adalah tidak benar. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

[REFERENSI]
https://www.instagram.com/p/CxYCsMiSoie/?hl=id&img_index=1

https://www.vlix.id/foto/news/26653-momen-akrab-presiden-jokowi-dan-prabowo-jajal-kereta-cepat?page=2

https://www.youtube.com/watch?v=pCUE7i2NzMI&pp=ygVRUHJlc2lkZW4gSm9rb3dpIGJlcnNhbWEgTWVuaGFuIFByYWJvd28gU3ViaWFudG8gbmFpayBLZXJldGEgQ2VwYXQgSmFrYXJ0YSBCYW5kdW5n

https://www.kemhan.go.id/2023/09/19/menhan-prabowo-jajal-kereta-cepat-jakarta-bandung-bersama-presiden-jokowi-nyaman-dan-membanggakan.html