[SALAH] Azan Berkumandang di Istana Buckingham

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut diambil di Lancaster House yang dulu merupakan rumah kerajaan namun kini biasa digunakan untuk kegiatan diplomatik dan acara internasional lainnya yang dikelola Kantor Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan Inggris. Azan tersebut mengumandangkan azan Magrib saat acara buka bersama Ramadan 2023.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/44qoJU8

arsip video: https://bit.ly/3Uzbk8T

= = =

Narasi:

“Adzan menggema di Istana Buckingham London.”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Kompas.

Beredar sebuah video di Facebook yang menunjukkan seseorang sedang azan yang diklaim berada di Istana Buckingham, London. Dalam video tersebut juga menyebutkan data bahwa populasi muslim di London telah meningkat 44% atau 15% dari penduduk di London yang beragama Islam.

Namun setelah ditelusuri klaim tersebut keliru. Berdasarkan penelusuran Kompas.com, lokasi berkumandangnya azan dalam video tersebut berada di Lancaster House, bukan di Istana Buckingham yang menjadi kediaman pemimpin kerajaan Inggris. Azan tersebut mengumandangkan azan Magrib saat acara buka bersama Ramadan 2023.

Lancaster House dahulu digunakan untuk kediaman keluarga kerajaan, namun kini dikelola Kantor Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan Inggris dan biasa digunakan digunakan untuk kegiatan diplomatik dan acara internasional lainnya.

Terkait data populasi Islam di London, bukan populasi Islam di London yang telah meningkat 44%, melainkan pemeluk Islam di Inggris secara keseluruhan yang meningkat 44% dalam kurun waktu 10 tahun seperti yang dilansir dari Detik.com pada Desember 2022. Kendati demikian, benar faktanya bahwa terdapat 15% warga London yang memeluk Islam per 2021.

Dengan demikian, azan berkumandang di Istana Buckingham adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/04/27/124800382/-klarifikasi-azan-berkumandang-di-lancaster-house-bukan-istana

https://www.gov.uk/government/history/lancaster-house

https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6437774/pemeluk-islam-di-inggris-raya-meningkat-44-persen-dalam-10-tahun

= = =