[SALAH] APK Surat Panggilan Polda Metro Jaya

Hasil periksa fakta Agnes A

Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat terkait adanya penipuan menggunakan dokumen berekstensi Android Package Kit (APK) berkedok Surat Panggilan Polisi yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp. Pesan tersebut perlu diwaspadai sebagai upaya peretasan.

=====

[KATEGORI]: Konten Tiruan

=====

[SUMBER]: WhatsApp

=====

[NARASI]: “SURAT PANGGILAN POLDA METRO JAYA”

=====

[PENJELASAN]:

Beredar pesan di media sosial WhatsApp dari pihak yang menggunakan foto profil lambang Polda Metro Jaya berisikan pesan “Surat Panggilan Polda Metro Jaya.”

Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat terkait adanya penipuan menggunakan dokumen (file) berekstensi Android Package Kit (APK) berkedok Surat Panggilan Polisi yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp.

Apabila masyarakat mengalami dan dirugikan dengan modus tersebut, maka dia meminta untuk segera melapor kepada Polisi terdekat.

Pakar keamanan siber Bruce Hanadi mengatakan, banyak kasus penipuan menggunakan dokumen APK dengan berbagai modus seperti undangan pernikahan, kurir paket, surat tilang hingga tagihan BPJS yang dapat meretas data pribadi hingga menguras rekening.

Bruce mengingatkan masyarakat bahwa malware bisa dikemas dalam bentuk apa saja.

Ia juga mengupas cara kerja peretas dalam meretas informasi. Dengan mengeklik tautan dokumen APK, maka sistem akan secara otomatis mengirim sejumlah data ke server tertentu termasuk kata sandi untuk nantinya dicoba diretas oleh penyusup (hacker).

=====

Artikel ini disadur dari Media Hub Humas Polri.

=====

[REFERENSI]: