[SALAH] Video Puan Maharani Mempromosikan Obat Nyeri Lutut, Panggul, dan Punggung

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya suara Puan Maharani dalam tersebut merupakan suara buatan AI dan video asli yang digunakan Puan membicarakan tentang peran kepemimpinan parlemen dalam menangani krisis Covid-19.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3Qmjcbm

= = =

Narasi:

“Dokter telah menyembunyikan kebenaran dan membohongi saya selama 17 tahun. Nama saya Puan Maharani dan saya sudah lama menderita nyeri sendi pada usia 33 tahun saya didiagnosa menderita Osteoartritis setiap hari menjadi tak tertahankan bagi saya, saya tidak bisa berjalan normal dengan anak dan cucu saya. pergi ke toko melakukan pekerjaan rumah tangga semua karena rasa sakit yang tak tertahankan yang tidak berhenti tetapi semakin memburuk selama dua setahun saya dirawat oleh dokter-dokter terbaik di negara kami dan negara-negara Barat tetapi semua saran itu ternyata hanya membuang-buang waktu dan tidak memberikan efek yang diinginkan. … Beberapa bulan yang lalu saya bertemu dengan dokter moh Asri zainul abidin dan menceritakan masalah saya ternyata saya telah dibohongi dan ditipu selama ini. … Kami diobati dengan obat rahasia berdasarkan bahan-bahan alami yang tersedia untuk semua orang dan yang mengejutkan saya rasa sakitnya hilang dalam seminggu untuk mempertahankan hasilnya, saya menggunakan obat ini selama beberapa bulan dan sekarang saya merasa seperti berusia 20 tahun karena efektivitasnya yang tinggi. … Klik pelajari lebih lanjut untuk mengatasi nyeri lutut panggul leher dan punggung selamanya.”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Kompas.

Beredar sebuah postingan di Facebook yang membagikan video Ketua DPR RI, Puan Maharani bercerita tentang dirinya yang menderita penyakit Osteoartritis. Dalam video tersebut ia menceritakan sudah berobat ke dokter namun tidak kunjung sembuh hingga menemukan obat rahasia berdasarkan bahan-bahan alami, pada akhir video Puan mempromosikan obat nyeri yang dia konsumsi.

Setelah ditelusuri dengan menggunakan AI Voice Detector oleh Kompas.com hasilnya suara dalam video Puan Maharani tersebut sebesar 63,01% merupakan suara AI. Sedangkan video yang digunakan bersumber dari YouTube Inter-Parliamentary Union (IPU) yang telah dipublikasi pada 10 Agustus 2020, pada deskripsinya Puan menjelaskan peran kepemimpinan parlemen dalam menangani krisis kesehatan Covid-19.

Dengan demikian, Puan Maharani mempromosikan obat nyeri adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/04/27/142736082/hoaks-puan-promosikan-obat-nyeri-sendi

= = =