[SALAH] Video Jokowi Mengancam Rakyat

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, cuplikan video tersebut dipotong dari 2 sumber yang berbeda, dalam video asli Jokowi menegaskan akan menindak tegas pejabat melanggar hukum dan mengambil langkah tegas untuk pengedar narkotika.

=====   

KATEGORI: Konten Menyesatkan

=====   

Sumber: Facebook
https://bit.ly/3UxDnWj

=====   

Narasi  
Presiden yang hobby ngancam rakyat

=====  

Penjelasan:  
Artikel disadur dari Kompas.
Akun facebook Manurfa Syam telah mengunggah sebuah video yang mengklaim Presiden Joko Widodo sedang mengancam rakyat saat sedang pidato di depan masyarakat. Video tersebut dibagikan pada grup facebook Koalisi Perubahan pada 21 Maret 2024.

Menyadur dari artikel pemeriksa fakta yang dibuat oleh tim Periksa Fakta kompas.com, bahwa video tersebut merupakan gabungan dari 2 video berbeda. Klip video pertama merupakan potongan video dari kanal youtube Official iNews dengan judul “Jokowi Akan ‘Gigit’ Pengganggu Agenda Pemerintah – iNews Malam 13/11” yang diunggah pada 14 November 2019.

Dalam video asli tersebut, Jokowi mengingatkan menteri, kepala daerah dan aparat penegak hukum untuk tidak saling menjatuhkan. Jokowi juga menegaskan akan menindak tegas pejabat melanggar hukum.  Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri Rapat Koordinasi Indonesia Maju pada tahun 2019.

Kemudian, pada klip kedua, mengambil video asli dari akun youtube Kementerian Sekretariat Negara RI dengan judul “Presiden Jokowi: Kejar Pengedar Narkoba! Tangkap! atau Bahkan di Dor Saja!” Dalam pidatonya tersebut, Jokowi meminta aparat kepolisian dan Badan Narkotika Nasional mengambil langkah tegas terhadap pengedar narkoba. Jokowi juga pada saat itu memberikan sambutan dalam peringatan Hari Anti Narkotika Internasional pada 2016.

Sehingga, video yang dibagikan oleh akun facebook Manurfa Syam merupakan gabungan 2 klip video yang berbeda. Informasi tersebut juga bukan merupakan video Jokowi mengancam rakyat, tetapi mengingatkan untuk menindak tegas pejabat melanggar hukum dan mengambil langkah tegas untuk pengedar narkotika.

=====    

Referensi:   
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/04/23/094500882/-klarifikasi-konteks-keliru-video-jokowi-mengancam-rakyat
https://youtu.be/5twOQDnwnoM?si=3bCN2_CrvoWKJb6s
https://youtu.be/quXrsXK5nMQ?si=AWAtDovPZ6eVaArP
https://turnbackhoax.id/2024/02/26/salah-jokowi-menyuruh-membunuh-rakyatnya-sendiri/