[SALAH] Teknologi Anti Banjir Untuk Mobil Mewah di Dubai

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, video yang beredar tersebut adalah hasil editan buatan komputer.

=====   

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====   

Sumber: Twitter
https://bit.ly/3UcWeV1
=====   

Narasi  
Saya salut sih dengan negara Dubai, pemerintahnya gerak cepat utk urusi banjir. Skrg banjir besar besoknya kotanya sudah surut :joy: ini adalah cara mereka menyelamatkan mobil mewahnya yg tergenang banjir. :rolling_on_the_floor_laughing: lalu knp kita bersedih kpd Dubai? Org sana happy.

=====  

Penjelasan:  
Akun twitter @adriandinoraa memposting sebuah video yang menunjukkan teknologi anti banjir untuk mengangkut mobil mobil mewah di Dubai.

Setelah dilakukan penelusuran dengan menggunakan keyword google “Anti-Flood Dubai” ditemukan bahwa terdapat artikel pemeriksa fakta misbar.com telah menemukan postingan yang serupa.

Dilansir dalam misbar.com, Tim Misbar menelusuri video asli dan menemukan bahwa video tersebut diunggah ke TikTok empat hari lalu oleh pengguna bernama “vertexcgi”, yang menunjukkan bahwa akun tersebut berspesialisasi dalam menghasilkan citra komputer.

Dalam akun TikToknya, ia telah banyak mengunggah video – video editan komputer, serta telah mengunggah banyak video hasil produksi yang secara kolektif telah mengumpulkan jutaan penayangan di TikToknya.

Tim pemeriksa fakta misbar telah menemukan bahwa video yang beredar tersebut terindikasi editan buatan komputer, hal ini disebutkan saat Tim Misbar menyelidiki lebih lanjut pada situs web penerbit dan menemukan bahwa web tersebut membuat video menggunakan efek CGI. Akun web Vertexcgi sendiri telah mengumpulkan lebih dari empat miliar penayangan pada tahun 2023.

=====    

Referensi:   
https://misbar.com/en/factcheck/2024/04/24/video-of-anti-flood-luxury-cars-in-dubai-is-cgi
https://www.tiktok.com/@vertexcgi?_t=8lnXgCU9Q6D&_r=1
https://vertexcgi.com/