[SALAH] Jokowi Menyuruh Membunuh Rakyatnya Sendiri

Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo).

Faktanya, video yang digunakan merupakan cuplikan dari pidato Jokowi kepada para jajaran Polri untuk menindak tegas para bandar narkoba. Pidato ini dibacakan pada puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional 2016.
==========================

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.
==========================

NARASI
Masih ingat kah pidato jokowi yang menyuruh membunuh rakyatnya sendiri..
*TERBUKTI UCAPANNYA RAKYAT YG SDH BANYAK YG DI BUNUH MELALUI PRINTAHNYA..JGN SAMPAI HILANG VIDIO PO PRINTAH PEMBUNUHAN RAKYATNYA DALANG NYA*…
*Jokowi 3 Priode lewat Prabowo akan menghabisi rakyat Indonesia,JOKOWI BUKAN PRESIDEN TP PEMBUNUH RAKYAT INDONESIA..RAKYAT INDONESIA APA BELUM SADAR KITA SEKARANG DIBAWAH PEMIMPIN YANG BENGIS,SADIS,JOKOWI ITU PEMBUNUH SAMA DENGAN PRABOWO*
Diunggah oleh beberapa akun facebook, salah satunya dengan nama Bonasta Nasta Bona pada 25 Februari 2024 https://www.facebook.com/share/v/nEEPn6zKivHXQTmy/?mibextid=oFDknk (https://archive.md/SOvMN arsip)


==========================

PENJELASAN:
Beredar sebuah cuplikan video yang memperlihatkan Presiden Jokowi mengucapkan kalimat sebagai berikut:

“Kepada seluruh Kapolda, seluruh Kapolres, jajaran Polres, polsek, semuanya, kejar mereka, tangkap mereka, hajar mereka, hantam mereka, kalau undang-undang memperbolehkan, dor mereka”

Video tersebut disebarkan dengan naraasi perintah Jokowi untuk membunuh rakyatnya sendiri.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan fakta bahwa konteks asli dari pidato Jokowi yang beredar adalah mengenai tindakan tegas terhadap para bandar narkotika di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi pada momentum puncak peringataan Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2016.

Menurut Presiden, saat ini kata-kata pun sudah tidak diperlukan lagi untuk melawan para bandar narkoba di Indonesia. Para pengedar narkoba terus bergerak dan menemukan cara-cara baru untuk  mengelabui aparat hukum dan keamanan. Mereka sudah mulai memanfaatkan orang-orang yang tidak dicurigai seperti anak-anak dan wanita, yang dimanfaatkan untuk menjadi kurir narkoba. Dan adanya modus baru dalam penyelundupan narkoba ke dalam mainan anak, kaki palsu, dan yang lain-lainnya.

Sehingga, dibutuhkan tindakan yang tegas dan konkrit terhadap para bandar narkotika.

Dengan demikian, klaim pada narasi yang beredar bahwa Jokowi memerintahkan jajaran Polri untuk membunuh rakyatnya sendiri, tidak benar.
========================
REFERENSI:


(1)     https://www.youtube.com/watch?v=quXrsXK5nMQ
(2)    https://setkab.go.id/kobarkan-perang-melawan-narkoba-presiden-jokowi-kalau-uu-memperbolehkan-dor-mereka/
(3) https://turnbackhoax.id/2022/10/08/salah-tabiat-aslinya-presiden-indonesia-terhadap-rakyat-yg-bersebrangan-di-anggap-musuh-pribadi/
(4) https://cekhoax.id/cek-fakta/salah-jokowi-menyuruh-membunuh-rakyatnya-sendiri