[SALAH] Sayyid Ali Khamenei tampil dalam sampul majalah Forbes

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, tidak ditemukannya bukti sampul tersebut di web resmi majalah Forbes, serta foto sampul majalah tersebut palsu karena telah diedit.

=====   

KATEGORI: Konten yang dimanipulasi

=====   

Sumber: Twitter
https://ghostarchive.org/archive/uaggh

=====   

Narasi  
“Orang Yang Paling Berkuasa”

Adalah

Ayatollah Sayyid Ali Khamenei

Sampul Majalah Forbes tanggal 15 April setelah Operasi IRAN pada malam tanggal 14 April

=====  

Penjelasan:  
Akun Twitter AA Ardani membagikan sebuah postingan mengenai majalah Forbes dengan foto sampul Ayatollah Sayyid Ali Khamenei edisi edaran 15 April 2024. Sampul majalah Forbes itu menyatakan pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei sebagai “orang paling berkuasa” setelah Iran melancarkan serangan langsung pertamanya terhadap Israel.

Setelah dilakukan penelusuran, foto Khamenei yang ada dalam sampul majalah tersebut identik dengan foto sampul salah satu artikel www.leader.ir dengan judul “Ayatollah Khamenei: Sanctions Snapback Means JCPOA Violation” yang telah di upload pada tahun 2015 silam.

Dilansir dari artikel pemeriksa fakta afp.com disebutkan bahwa sampul Forbes yang merayakan Khamenei sebagai “orang paling berkuasa” di dunia adalah rekayasa dan tidak berasal dari edisi atau situs majalah mana pun di seluruh dunia.

“Gambar yang dipermasalahkan bukanlah sampul Forbes yang sebenarnya dan tidak pernah dipublikasikan di platform kami mana pun,” kata juru bicara majalah Forbes kepada AFP pada 18 April 2024.

Reverse image searches juga tidak menemukan sampul majalah serupa di media cetak atau online, dan juga tidak muncul di glosarium situs web Forbes. Sampul majalah Forbes bulan April dan Mei 2024 menampilkan Todd Boehly, seorang investor miliarder Amerika

Khamenei juga tidak muncul dalam daftar berita sampul harian Forbes. Diketahui bahwa pada tanggal 15 April majalah Forbes memuat artikel tentang para eksekutif, pendiri startup kecerdasan buatan, dan perusahaan penjualan kembali pakaian Lituania.

=====    

Referensi:   
https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34PN8WP
https://www.leader.ir/en/content/13791/Ayatollah-Khamenei-sends-a-letter-to-President-Hassan-Rouhani-about-the-JCPOA
https://www.forbesmagazine.com/back-issues