[SALAH] Gempa Guncang Mamasa, Sulawesi Barat Hingga Terbelah

Periksa Fakta Vania.
Faktanya, gempa Mamasa, Sulawesi Barat terjadi pada tanggal 19 April 2024, bukan pada 21 April 2024. Diketahui juga bahwa belum adanya informasi mengenai kerusakan atau korban jiwa dari adanya gempa ini.

=====   

KATEGORI: Konten yang dimanipulasi

=====   

Sumber: Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/QjpCO2LgVsI

=====   

Narasi  
BARU SAJA GEMPA GUNCANG MAMASA SULBAR HINGGA TERBELAH, RIBUAN RUMAH REMUK SEKETIKA

=====  

Penjelasan:  
Akun youtube CCTV Bencana mengunggah video mengenai gempa yang mengguncang Mamasa, Sulawesi Barat dengan klaim pada judul hingga Mamasa terbelah dan ribuan rumah remuk seketika. Video tersebut diunggah pada 21 April 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, narator pada video tersebut hanya membaca ulang sebuah artikel dari tribratanews.polri.go.id yang berjudul “Gempa Magnitudo 3,4 Guncang Wilayah Mamasa, Sulbar Hari Ini” pada 19 April 2024.

Diberitakan bahwa gempa berkekuatan M3,4 tersebut telah mengguncang Mamasa, Sulawesi Barat, pukul 14.22 WIB hari Jumat, 19 April 2024. Sampai saat ini, belum ada informasi mengenai kerusakan ataupun korban jiwa dari gempa Sabang.

Sehingga, gempa Mamasa, Sulawesi Barat terjadi pada tanggal 19 April 2024, bukan pada 21 April 2024. Diketahui juga bahwa belum adanya informasi mengenai kerusakan atau korban jiwa dari adanya gempa ini.

=====    

Referensi:   
https://tribratanews.polri.go.id/blog/nasional-3/gempa-magnitudo-34-guncang-wilayah-mamasa-sulbar-hari-ini-72842