[SALAH] Suasana Saat Letusan Gunung Ruang di Sulawesi  Utara

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Bukan kondisi dari letusan gunung Ruang, melainkan jalur kereta api San Martin yang berada di Argentina.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten menyesatkan

Beredar sebuah pesan berantai WhatsApp dalam bentuk video dengan narasi yang menyebutkan suasana dari jalur kereta ketika letusan gunung Ruang yang berada di Sulawesi Utara.

NARASI:
Suasana mencekam dari letusan gunung ruang di sulawesi utara. Ya Allah semoga sodara kita disana baik-baik saja. Amien

Sumber: WhatsApp
==========

PENJELASAN:
Gunung Ruang yang berlokasi di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara meletus pada Selasa (16/4) malam. Lokasi terdampak Desa Pumpente dan Desa Patologi di Kecamatan Tagulandang. Hingga pada Rabu (17/4) kini status erupsi naik dari Level II (WASPADA) menjadi Level III (SIAGA).

Namun peristiwa tersebut justru memicu informasi yang menyesatkan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggun jawab, dengan menyebarkan video melalui pesan WhatsApp yang diduga suasana ketika letusan gunung Ruang terjadi.

Kejanggalan pertama berawal dari jalur kereta api yang berada di tengah laut, sedangkan di Indonesia tidak terdapat jalur rel kereta seperti yang ditampilkan pada video. Setelah ditelusuri dengan menggunakan InVid, video serupa didapat pada akun YouTube “The Well-Tech Wanderer” yang merupakan jalur kereta api San Martin, Laguna La Picasa, Argentina, saat cuaca hujan di seberang yang disertai dengan kilauan petir.

Kereta Api Umum San Martín (FCGSM) (bahasa Spanyol: Ferrocarril General San Martín ), dinamai menurut nama mantan jenderal Argentina José de San Martín, adalah salah satu dari enam perusahaan kereta api milik negara Argentina yang dibentuk setelah nasionalisasi kereta api oleh Presiden Juan Perón jaringan pada tahun 1948.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=TvlPSriHYyE
https://en.wikipedia.org/wiki/General_San_Mart%C3%ADn_Railway