[SALAH] KAESANG PECAT GIRING GANESHA DARI JABATAN KETUM PSI KARENA TIDAK BECUS URUS PARTAI

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, pengangkatan Kaesang sebagai pengganti Ketum PSI adalah hasil rekomendasi dari Giring Ganesha. Sementara Giring kini menjabat sebagai anggota Dewan Pembina PSI.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: X
https://ghostarchive.org/archive/hIicd

=====
[NARASI]:

“Nasib Giring @Giring_Ganesha setelah dipecat Anaknya Jokowi karena gak becus mimpin partai :grinning: !”

=====
[PENJELASAN]: 

Sebuah akun di media sosial X bernama @NenkMonica, menuliskan sebuah klaim yang menyatakan bahwa Giring Ganesha, Eks Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dipecat oleh anak Jokowi, yang saat ini menjabat sebagai Ketum PSI. Pemecatan ini disebutkan karena Giring tidak becus mengurus partai. Lalu apakah benar, Kaesang memecat Giring Ganesha dari jabatannya sebagai Ketum PSI karena tidak becus mengurus partai?

Setelah melakukan penelusuran mengenai hal tersebut, ditemukan sebuah penjelasan yang sekaligus menjadi bantahan terhadap klaim dari akun X ini. Melansir dari ulasan milik Liputan6.com dalam artikel yang berjudul, “Giring Minta Kaesang Pangarep jadi Ketum PSI”, terdapat pernyataan dari Giring yang menyebutkan bahwa pemilihan Kaesang Pangarep sebagai Ketum PSI adalah hasil rekomendasi dari dirinya sendiri.

“Mungkin bagi banyak elit politik, aneh jika seorang Ketua Umum malah merekomendasikan nama penggantinya. Di PSI kami diajarkan soal kolektifitas kerja, jabatan itu soal manajerial, namun beban kerja selalu dibagi bersama,” kata Giring dalam keterangannya, dalam Liputan6.com, Senin (25/9/2023).

Giring juga menjelaskan bahwa keinginan Kaesang menjadi Ketum PSI adalah hasil dorongan dan harapan dari semua kader PSI.

Sementara dirinya, kini menjabat sebagai anggota Dewan Pembina PSI. Pengangkatan Giring sebagai anggota Dewan Pembina dilakukan dalam Kopdarnas PSI, Senin (25/3/2023), di Gedung Djakarta Theater. 

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebut bahwa Giring dipecat dari jabatan Ketum oleh Kaesang karena tidak becus mengurus partai, merupakan klaim keliru dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://nasional.kompas.com/read/2023/09/25/19564211/giring-dicopot-dari-ketua-umum-psi-digantikan-kaesang-pangarep-putra-jokowi

https://www.liputan6.com/news/read/5406695/giring-minta-kaesang-pangarep-jadi-ketum-psi

=====