[SALAH] Gambar Jokowi pimpin Salat Id di Solo

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Gambar yang diklaim Jokowi menjadi pemimpin salat Id di Solo tidak benar. Faktanya, gambar tersebut diambil saat Jokowi menjadi imam salat di Afghanistan tahun 2018. Jokowi sendiri menunaikan ibadah salat Idul Fitri 1445 Hijriyah di Masjid Istiqlal Jakarta.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konten yang menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/HYPJD

= = = = =

NARASI:
“pimpin sholat id hari ini di solo”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Facebook Nurjaman Suling memposting sebuah gambar Jokowi yang sedang menjadi imam saat salat. Pada caption postingan terdapat klaim bahwa benda tersebut merupakan pemimpin salat di Solo. Postingan tersebut diunggah pada 10 April 2024 pukul 09.30.

Setelah ditelusuri menggunakan Google image ditemukan gambar yang identik pada artikel news.detik.com berjudul “Jokowi Jadi Imam di Afghanistan, Istana: Di Dalam Negeri Juga Sering” Selasa, 30 Januari 2018 pukul 13.18 WIB. Pada keterangan foto didapatkan informasi bahwa presiden Jokowi saat itu menjadi imam salat di Afghanistan. Jokowi saat itu sedang menunaikan ibadah salat zuhur bersama dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani serta ulama Afganistan yang menjadi makmum.

Lebih lanjut, dilansir dari CNN Indonesia, Jokowi menunaikan ibadah salat Idul Fitri 1445 Hijriyah di masjid Istiqlal Jakarta bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. Melansir dari Romol.id, Imam Masjid Istiqlal pada salay Idul Fitri tahun ini adalah H Ahmad Husni Ismail sedangkan Khatib adalah Rais Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Mantan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, KH Abda’la Basyir.

Dengan demikian gambar yang diklaim Jokowi menjadi pemimpin salat Id di Solo tidak benar. Gambar tersebut diambil saat Jokowi menjadi imam salat di Afghanistan. Jokowi sendiri menunaikan ibadah salat Idul Fitri 1445 Hijriyah di Masjid Istiqlal Jakarta, sehingga tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://news.detik.com/berita/d-3840924/jokowi-jadi-imam-di-afghanistan-istana-di-dalam-negeri-juga-sering
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240410064201-20-1084864/jokowi-maruf-amin-salat-id-di-istiqlal-bareng-para-menteri
https://rmol.id/politik/read/2024/04/10/616337/dipimpin-imam-masjid-istiqlal-jokowi-maruf-salat-id-di-barisan-paling-depan