[SALAH] KETUA MK KETOK PALU, PEMILU DIULANG TANPA GIBRAN

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi terkait Ketua MK ketok palu dan pemilu diulang tanpa Gibran. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi video tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/TKE2-WAZU (Youtube)

=======

[NARASI]:
BERAKHIR MALAM INI !! DINASTI JKW RUNTUH || P3MILU DIULANG? GIBR4N DISINGKIRKAN

BERAKHIR MALAM INI!!
KETUA MK KETOK PALU
DINASTI JKW RUNTUH, PEMILU ULANG GUBR4N DISINGKIRKAN

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama CATATAN ISTANA yang menampikan thumbnail Ketua Mahkamah Konstitusi, Suhartoyo di ruang sidang bernarasikan Ketua MK telah ketok palu dan pemilu diulang tanpa Gibran.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari gabungan beberapa gambar berbeda.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel tempo.co berjudul “3 Prediksi Putusan MK soal Sengketa Pilpres 2024, Pakar: Akan Ada Kejutan” yang dimuat pada 9 April 2024.

Artikel tersebut membahas tentang MK yang telah menyelesaikan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (PHPU Pilpres) atau sengketa Pilpres 2024 pada Jumat, 5 April 2024 dan rencananya akan dibacakan pada Senin, 22 April 2024 mendatang.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim Ketua MK telah ketok palu dan pemilu diulang tanpa Gibran tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://nasional.tempo.co/read/1855057/3-prediksi-putusan-mk-soal-sengketa-pilpres-2024-pakar-akan-ada-kejutan