[SALAH] PROJEK NHS “TEST AND TRACKING” MENJADI PROJEK TERMAHAL KETIGA SAAT INI

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, jumlah £37 miliar tersebut adalah jumlah total anggaran untuk 2 tahun pertama dari operasi NHS “Test and Track”.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://ghostarchive.org/archive/PjaBG

=====
[NARASI]:

“There are only TWO projects in history that have cost more than the Track & Trace app: the ISS (£72bn) and the entire US road network (£82bn). So there we we [sic] have it: at £37 billion, the third most expensive thing we’ve ever spaffed money on is a broken version of Pokemon Go.”

“Hanya ada DUA proyek dalam sejarah yang menelan biaya lebih besar daripada aplikasi Track & Trace: ISS (£72 miliar) dan seluruh jaringan jalan raya AS (£82 miliar). Jadi begitulah yang kami dapatkan: dengan harga £37 miliar, barang termahal ketiga yang pernah kami belanjakan adalah versi rusak dari Pokemon Go.”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah narasi melalui media sosial Facebook, yang mengklaim bahwa aplikasi NHS “Test & Trace” merupakan proyek termahal ketiga dalam sejarah perekonomian. Akun bernama Expats of Scotland Independence ini, juga menambahkan bahwa aplikasi ini telah menelan biaya sekitar £37 miliar.

Namun setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai narasi yang beredar, ditemukan sebuah kekeliruan yang terkandung di dalamnya. Pasalnya, melansir dari artikel fullfact.org, jumlah biaya sebesar £37 tersebut merupakan jumlah total anggaran untuk 2 tahun pertama dari operasi NHS “Test and Track”.

NHS “Test and Trace” didesain tidak hanya mencakup aplikasinya, tetapi juga mencakup layanan pengujian, aktivitas ‘menahan’ (termasuk mengidentifikasi wabah lokal dan mendukung respons lokal terhadap pandemi), dan layanan penelusuran. NHS “Test and Trace” menghabiskan £13,5 miliar hingga April 2021, dan anggarannya untuk tahun pertama adalah £22,2 miliar.

Menurut Kantor Audit Nasional, pada tahun 2020/21, £76 juta dihabiskan untuk aplikasi NHS Covid-19, tetapi itu juga termasuk pengeluaran untuk upaya awal NHSX untuk membangun aplikasi internal, yang ditinggalkan pada bulan Juni 2020. 

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebutkan bahwa proyek NHS “Test and Trace” adalah proyek termahal ketiga di dalam sejarah, merupakan klaim yang tidak benar dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://fullfact.org/online/test-and-trace-project-cost

=====

https://www.facebook.com/share/p/fAShNyDe1HEh3HE3/?mibextid=xfxF2i