[SALAH] Bledug Muncul Setelah Bencana Gempa di Jatim dan Banjir Demak

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Fenomena Bledug Kramesan ini sudah ada sejak lama dan hal tersebut dijumpai pada beberapa naskah dari kerajaan- kerajaan di Jawa mengenai kehadiran mud volcano.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konteks yang salah

Beredar sebuah video di Instagram yang menunjukan sebuah gundukan seperti gunung di area persawahan  warga yang di dalamnya terdapat belerang. Video tersebut diduga berlokasi di Grobogan Jawa Timur dan muncul setelah terjadinya gempa di Tuban pada 22 Maret 2024.

NARASI:
Kemunculan di postingan gunung api aktif di grobogan jawa tengah setelah gempa di tuban dan banjir di demak.

Sumber: Instagram  https://bit.ly/3xa93aW Arsip

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, gundukan tersebut merupakan Bledug Kramesan atau gunung berapi lumpur yang memang benar berlokasi di Grobogan Jawa Timur. Namun dugaan muncul setelah gempa bumi yang terjadi di Tuban adalah tidak benar.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, dalam catatan Badan Geologi, fenomena seperti Bledug Kramesan ini sudah ada sejak lama dan hal tersebut dijumpai pada beberapa naskah dari kerajaan- kerajaan di Jawa mengenai kehadiran mud volcano ini. Jarak Bledug Kramesan dari Bledug Kuwu adalah sekitar 3,4 km.

Bledug Kramesan ini memiliki ketinggian 25 meter dari permukaan tanah. Bledug-bledug ini adalah material dari mud diapir yang lolos ke permukaan melalui rekahan-rekahan maupun struktur sesar.

Dengan demikian, klaim Bledug yang muncul setelah gempa di Tuban adalah tidak benar, sehingga masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://www.cnbcindonesia.com/news/20240326014326-4-525333/heboh-muncul-gunung-baru-di-grobogan-jateng-ini-kata-badan-geologi
https://www.antaranews.com/berita/4029900/badan-geologi-minta-warga-tak-panik-terkait-fenomena-bledug-kramesan%7C