[SALAH] United Airlines Boeing 737 Melakukan Pendaratan Darurat pada 15 Maret 2024 Karena Kerusakan Pesawat

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Penerbangan United Airlines Boeing 737 pada 15 Maret lalu mendarat dengan aman dan normal di Oregon.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Facebook
https://web.archive.org/web/20240325080357/https://www.facebook.com/THE.SATELLITE.GUY/posts/pfbid0DXuL5Zc5oR6B1KQfJUGgSfVYP4sL29DEV4p4GGAx65N8bFMecS4kJBj1uebsX8t8l

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Namun United Airlines Boeing 737 LAINNYA terpaksa melakukan pendaratan darurat setelah sebuah panel jatuh dalam penerbangan
Tak lama setelah lepas landas dari San Francisco—bandara yang sama tempat United Boeing 777 kehilangan roda saat lepas landas minggu lalu—sebuah panel besar terbang dari sisi pesawat.
Kabar baiknya adalah, United Flight 433 mendarat dengan selamat di bandara Oregon dan tidak ada korban luka yang dilaporkan.
TAPI BERAPA LAMA SAMPAI ADA BENCANA BESAR LAGI DI SALAH SATU PESAWAT INI?

=====

Penjelasan:
Akun Facebook Todd Chapman mengunggah dua foto yang menunjukkan salah satu pesawat United Airlines dan keadaan pesawat yang rusak. Todd Chapman kemudian menambahkan narasi bahwa United Airlines Boeing 737 yang terbang pada 15 Maret 2024 lalu terpaksa melakukan pendaratan darurat karena adanya panel yang jatuh saat penerbangan. Foto dan narasi tersebut ditulis pada 16 Maret 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Situs resmi FAA (Federal Aviation Administration) menulis informasi bahwa penerbangan dengan kode Flight 433, United Airlines Boeing 737 telah mendarat dengan aman dan mengalami ‘post-landing airline inspection’ yang menyatakan memang adanya panel yang hilang, namun hal tersebut diinspeksi setelah maskapai tersebut mendarat dengan aman di Bandara Medford, Oregon.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh Todd Chapman merupakan konten yang menyesatkan.

Referensi:
https://www.faa.gov/newsroom/statements