[SALAH] Media Rusia Mengunggah Video Simulasi Serangan Nuklir Rusia ke AS

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Media Rusia tidak pernah mengunggah video dengan judul tersebut dan video yang dimaksud merupakan gabungan dari beberapa cuplikan film dan serial TV.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/xg5oz

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Publikasi Media Rusia: Seperti inilah dampak serangan nuklir Rusia terhadap Amerika Serikat. #WWIII”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @Kashmiri199 mengunggah video yang diklaim sebagai video publikasi media Rusia tentang dampak serangan nuklir Rusia yang akan dihadapi AS. @Kashmiri199 juga menambahkan tagar #WWIII yang berarti perang dunia ketiga. Cuitan dan video yang diunggah pada 16 Maret tersebut telah disukai 129 orang, dikutip dan dibagikan ulang hampir 100 kali, serta telah dilihat lebih dari 11,000 kali.

Setelah menelusuri video yang dimaksud, video itu adalah cuplikan dari beberapa adegan film Hollywood. Pada awal video dimulai hingga menit ke 0:16 diambil dari cuplikan film Mission Impossible: Ghost Protocol. Cuplikan tersebut diunggah oleh akun YouTube “campusdav” yang berjudul “mission impossible 4 missle launch sence”.

Selain itu, pada menit ke 0:17 sampai 0:33 diambil dari serial TV “Battlestar Galactica: The Plan”. Cuplikan video yang sama persis telah diunggah di platform Kwai dengan keterangan yang berbunyi “Serie – Battlestar Galactica”.

Lebih lanjut, pada menit ke 0:34 hingga video berakhir, diambil dari cuplikan film “Knowing”. Video ini diunggah oleh akun YouTube “hellorion” dengan judul video “knowing destruction scene”.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @Kashmiri199 merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=h2TkR0IWfmM


https://www.kwai.com/@leodosfilmess/video/5243184493775969374


https://www.youtube.com/watch?v=5j8nuUVByrU&t=30s