[SALAH] Cover Majalah Charlie Hebdo: Presiden Macron Mengirim Tentara ke Ukraina

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten palsu. Majalah Perancis Charlie Hebdo tidak pernah menerbitkan cover majalah Presiden Emmanuel Macron mengirimkan tentara (yang digambarkan dengan serangga) ke Ukraina. Cover yang asli menunjukkan pemilu di Rusia dan Presiden Vladimir Putin.

=====

KATEGORI: KONTEN PALSU

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/8MaCd

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Hanya mereka yang hidup baik dengan Macron yang akan mengikuti Macron ke Ukraina”: Lukisan “Macron memimpin kutu busuk”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @vicktop55 mengunggah cover majalah Charlie Hebdo edisi 20 Maret 2024 yang bergambar Presiden Perancis, Emmanuel Macron, memimpin segerombolan tentara serangga sambil membawa bendera Perancis. @vicktop55 juga menambahkan bahwa hanya para warga yang mendukung Presiden Macron akan mengikuti langkah Macron untuk mengirim pasukan tentara ke Ukraina. Cuitan dan foto yang diunggah pada 21 Maret tersebut telah disukai 315 kali, dikutip dan dibagikan ulang lebih dari 100 kali, serta telah dilihat lebih dari 7,000 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Pihak Charlie Hebdo memberikan klarifikasi mengenai postingan ini melalui Twitter resminya dengan mengatakan bahwa foto cover itu adalah palsu. Pihak Charlie Hebdo juga memberikan tautan yang merujuk kepada cover majalah edisi 21 Maret 2024 yang asli.

Pada tautan cover majalah yang asli, terlihat bahwa cover sebenarnya menggambarkan ilustrasi Presiden Putin yang memenangkan pemilu di Rusia dengan 87% suara pada Maret ini.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @vicktop55 merupakan konten palsu.

=====

Referensi:
https://twitter.com/Charlie_Hebdo_/status/1770755010223018029


https://charliehebdo.fr/editions/1652/