[SALAH] GEBYAR UNDIAN RAMADHAN OLEH BANK MANDIRI

HOAKS dan telah dibantah oleh pihak Bank Mandiri melalui akun media sosial resminya.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: FACEBOOK

https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=pfbid0gx179y3WuULCLzghP2uC5AqFRHMqB2ujFphkVcKtP3QJHwDHPR2APPKVjUZQtvvSl&id=61557371980721

Arsip https://archive.fo/5jRtC 

===

NARASI:

GEBYAR UNDIAN RAMADHAN,

Khusus Nasabah Bank Mandiri Yang sudah Terdaftar Mobile Banking/ Internet Banking Bank Mandiri Ayo Daftar Undian Berhadiah Bank Mandiri Bisa Bawah Pulang Sala Satu Hadiah Menarik di Bawah INI,,!!

550 g. mas batangan

~ 2 unit Pajero sport

~ 10 unit motor Kawasaki Klx 150

~ Paket umroh gratis

~ 100 Juta Uang Tunai

~ 10 unit Kulkas lemari

Masih banyak lagi Hadiah menarik lainnya Menanti Anda, Informasi pendaftaran Klik ( Daftar Sekarang)

===

PENJELASAN: Sebuah akun Facebook bernama Gebyar Ramadhan mengunggah infomasi yang menyebut jika saat ini Bank Mandiri tengah membuka program “GEBYAR UNDIAN RAMADHAN”. Dalam narasi yang beredar disebutkan jika nasabah Bank Mandiri akan mendapatkan hadiah berupa emas batangan, mobil, motor, dan paket umroh dengan mengklik tautan yang dilampirkan pada unggahan tersebut.

Setelah ditelusuri, informasi tersebut adalah HOAKS. Pihak Bank Mandiri pada Sabtu, 23 Maret 2024 mengklarifikasi melalui akun media sosial resminya yang mengimbau agar masyarakat waspada terhadap informasi serupa, terlebih lagi yang meminta masyarakat untuk mengklik tautan yang disematkan.

“Sahabat, yuk lebih hati-hati dalam merespon akun media sosial dan link yang mengatasnamakan Bank Mandiri.

Bank Mandiri tidak pernah memberikan link atau pun meminta data-data pribadi Sahabat seperti nomor kartu debit/kredit, masa berlaku kartu, CVV (3 angka di belakang kartu), tanggal lahir, PIN, dan User ID.

Selalu #JagaBaikBaik data pribadi Sahabat ya. Jika ada transaksi mencurigakan, segera hubungi Mandiri Call 14000.” tegas Bank Mandiri melalui akun Facebooknya. 

Berdasar seluruh referensi, unggahan akun Gebyar Ramadhan terkait undian berhadiah oleh Bank Mandiri adalah hoaks dan masuk ke dalam kategori imposter content atau konten tiruan.

===

REFERENSI:

https://www.facebook.com/watch/?v=2515463475300843