[SALAH] Keputusan KPU Batal Secara Hukum

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa keputusan KPU batal secara hukum dan hak angket telah ditandatangani adalah konten yang dimanipulasi. Faktanya pada tanggal 20 Maret 2024 KPU resmi tetapkan keputusan terkait hasil pemilu 2024 bernomor 360/2024. Dan tidak ada bukti yang sah terkait pembatalan keputusan tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://web.archive.org/save/https://youtu.be/NWj4IML3Cuw?si=JdqXwPnsGPTtkMu3

====
[NARASI]: “K3PUTUSAN KPU B4TAL S3CAR4 HUKUM!! HAK ANGKET DITANDATANGANI II PEMILU S3GER4 DIULANG”

====

[PENJELASAN]:

Akun Youtube “CATATAN ISTANA” pada tanggal 21 Maret 2024 mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa keputusan KPU terkait hasil pemilu batal secara hukum. Faktanya keputusan terkait hasil pemilu 2024 telah diresmikan pada 20 Maret 2024 namun tidak ada bukti pembatalan keputusan tersebut.

Dalam thumbnail yang ditampilkan nampak Paslon 03 yaitu Ganjar-Mahfud bersama Ketum PDIP Megawati dan sejumlah pimpinan partai pengusung lainnya sedang berfoto bersama. Dilansir dari liputan6.com, gambar tersebut identik dengan foto saat pengumuman Mahfud MD sebagai calon wakil Presiden Ganjar Pranowo. Dalam foto tersebut terdapat beberapa tokoh politik diantaranya Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), Ganjar Pranowo, Mahfud Md, dan Arsjad Rasjid.

Setelah menonton keseluruhan video sama sekali tidak membahas sebagaimana pada klaim video. Unggahan berdurasi 9 menit 48 detik tersebut justru membahas tindak lanjut hak angket dugaan kecurangan pemilu. Ternyata narator hanya membacakan ulang narasi milik liputan6.com yang berjudul “Surya Paloh Bakal Temui Megawati, Tindaklanjuti Hak Angket Dugaan Kecurangan Pemilu”. Dapat disimpulkan unggahan di atas merupakan konten yang dimanipulasi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.liputan6.com/news/read/5535024/surya-paloh-bakal-temui-megawati-tindaklanjuti-hak-angket-dugaan-kecurangan-pemilu?page=3
[2] https://news.detik.com/pemilu/d-7252794/kpu-resmi-tetapkan-keputusan-kpu-360-2024-soal-hasil-pemilu-2024
[3] https://www.liputan6.com/pemilu/read/5427567/ketum-parpol-pengusung-ganjar-mahfud-berangkat-pakai-bus-dari-rumah-megawati-ke-kpu?page=2