[SALAH] Demi Menangkan 02 KPU Akui Jual Data Rahasia Negara ke Asing

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa KPU menjual data rahasia ke negara asing demi menangkan paslon 02 adalah konten tidak benar. Faktanya tidak ada bukti kredibel terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====
[SUMBER]:
https://web.archive.org/save/https://youtu.be/caSGJ8Y1r2s?si=-d5NRG2VHcCCWGjp

====

[NARASI]: “KUASA TUHAN!! ANGIN SEGAR BUAT ANIES II TERBONGKAR JUGA BOROK KPU SELAMA INI”

====
[PENJELASAN]:
Akun Youtube “Catatan Istana” pada tanggal 17 Maret 2024 mengunggah sebuah video dengan klaim KPU akui jual data rahasia negara ke negara asing demi menangkan paslon 02. Tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

Video berdurasi 8 menit 35 detik membahas mengenai Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang bekerjasama dengan perusahaan luar negeri yaitu Alibaba Cloud. Kerjasama tersebut terkait pengadaan dan kontrak komputasi awan (cloud) untuk Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang digunakan selama Pemilu 2024. Adapun narasi dalam unggahan tersebut identik dengan artikel milik cnnindonesia.com berjudul “KPU Akui Jalin Kerja Sama dengan Alibaba Cloud”.

Walaupun Sirekap Pemilu 2024 terhubung luar negeri, Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa data negara akan tetap aman. Sebagai informasi, Sirekap merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Rekapitulasi yang berfungsi untuk mendokumentasikan formulir hasil perhitungan suara di TPS dan mengirimkannya ke jenjang selanjutnya.
==========
[REFERENSI]
[1] https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240314111130-617-1074156/kpu-akui-jalin-kerja-sama-dengan-alibaba-cloud
[2] https://www.youtube.com/watch?v=dQFQtk-4rcM